Jumat, 29 April 2011

Tingkat Pengetahuan Primigravida Tentang Perubahan Fisik Yang Terjadi Selama Kehamilan Di Bidan Praktek Swasta XX

Indikator derajat kesehatan dan target yang hendak dicapai Indonesia di tahun 2010 adalah angka kematian ibu melahirkan per 100.000 kelahiran hidup 150, angka harapan hidup waktu lahir 67,9 , angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup  40, angka kematian balita per 1000 kelahiran hidup  58, dan persentase penduduk yang memanfaatkan Puskesmas  15 (DepKes RI,2003:19). Oleh karena itu pelayanan atau asuhan antenatal merupakan cara penting untuk memonitor dan mendukung kesehatan ibu hamil normal dan mendeteksi ibu dengan kehamilan normal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu primigravida tentang perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan  pada tingkat tahu dan paham.
Desain penelitian ini adalah deskriptif Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang ada di Bidan Praktek Swasta Ny. Asifah Mergan Kecamatan Sukun Kabupaten Malang periode Agustus sampai September 2005 sebanyak 20 ibu primigravida. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 primigravida,sampling yang digunakan adalah total populasi
Berdasarkan analisa deskriptif, yang diperoleh bahwa untuk hasil penelitian ini yaitu pengetahuan Ibu Primigravida tentang perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan menunjukan lebih dari setengahnya (55 %) mempunyai pengetahuan cukup baik, dikarenakan umur ibu yang masih muda dan pendidikan ibu SMU dan hanya sebagian kecil (5 %)mempunyai pengetahuan yang tidak baik dikarenakan umur ibu 36-45 tahun dan pendidikan ibu SD
Mengacu pada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa berdasarkan tingkat pengetahuan yang dimiliki Ibu Primigravida di Bidan Praktek Swasta Ny. Asifah Mergan Kecamatan Sukun Kabupaten Malang tentang perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan menunjukan hasil cukup baik.Saran yang perlu diberikan adalah perlunya ditingkatkan pengetahuan ibu hamil terutama Primigravida melalui kunjungan tetap dipertahankan dan diperluas lagi daerah penyuluhannya, meningkatkan hubungan kerjasama antara tenaga kesehatan lain dan tokoh masyarakat yang berpengaruh serta penduduk setempat dalam rangka meningkatkan pengetahuan khususnya Ibu Hamil Primigravida tentang perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan, hal ini dapat diperluas dan mudah dimengerti dengan adanya media masa, media elektronik, leaflet atau brosur.



Kode file : K254
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)