Jumat, 29 April 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Alat Kontrasepsi IUD Di Wilayah RW 05 Kelurahan XX

Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah  anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mendapat sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan pengendalian angka kelahiran melalui berbagai upaya mulai dari pendekatan secara pribadi maupun pemberian  alat kontrasepsi. Diantara metode kontrasepsi tersebut salah satunya adalah IUD, baik dari cara kerja IUD, efek samping IUD, indikasi IUD, dan kontra indikasi IUD. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang alat kontrasepsi IUD  pada tingkat tahu dan paham.
Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif subjek ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling dari jumlah populasi 169 ibu yang memakai alat kontrasepsi variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang alat kontrasepsi IUD, dan diambil sampel 35 responden.
Setelah dilakukan analisa data dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu pada tingkat tahu baik 45,7%, cukup 22,9%, kurang baik  14,3% dan tidak baik 14,1%. Sedangkan tingkat pengetahuan ibu pada tingkat paham baik 51,4%, cukup 28,6%, kurang baik 17,1% dan tidak baik 2,9%. Pada tingkat tahu baik dikarenakan ibu mampu dalam mengingat dan menyebutkan kembali tentang alat kontrasepsi IUD, dan pada tingkat paham dikarenakan ibu  mampu didalam memahami dan menjelaskan secara benar tentang alat kontrasepsi IUD.
Kesimpulan yang ditarik adalah secara umum tingkat pengetahuan ini pada tingkat paham hasilnya lebih baik daripada tingkat tahu dikarenakan ibu dalam menerima informasi tentang alat kontrasepsi khususnya IUD tidak hanya dalam satu arah melainkan beberapa arah misalnya dari pengalaman ibu sendiri, penyuluhan, informasi baik dari media cetak, media elektronik, maupun tenaga kesehatan. Dan  saran dari penelitian ini salah satunya ditujukan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang alat kontrasepsi IUD melalui bidan dan kader sebagai prosedur tetap dalam memberikan penyuluhan.



Kode file : K255
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)