Sabtu, 30 April 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Persalinan di BPS XX

Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih relatif tinggi bila dibandingkan dengan negara lain di ASEAN, yaitu sekitar 228/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2007. segi potensi salah satu intervensi yang paling efektif untuk pencegahan kematian dan kesakitan ibu adalah ante natal care. Dari hasil kajian awal yang dilakukan dibidang praktek swasta XX  terhitung jumlah ibu hamil sebanyak 50 orang, ibu hamil yang mengetahui tanda-tanda persalinan hanya 20% sedangkan 30% tidak mengetahui tentang tanda-tanda persalinan sehingga tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda persalinan pada tingkat tahu dan paham.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil Trimester III yang memeriksakan diri di Bidan Praktek Swasta XX . Subyek di tarik dari populasi dan cara accidental.

Setelah dilakukan analisa data dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil pada tingkat tahu baik 52 %, cukup 16 %, kurang baik 16 %, dan tidak baik 16 %. Sedangkan tingkat pengetahuan ibu hamil pada tingkat paham baik 28%, cukup 32 %, kurang baik 24 % dan tidak baik 16 %. Pada tingkat tahu baik dikarenakan ibu dapat menyebutkan tentang tanda-tanda persalinan sedangkan pada tingkat paham ibu hanya bisa menjelaskan tentang tanda-tanda persalinan.

Kesimpulan dari data tersebut dapat diketahui bahwa sebagian besar tingkat pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda persalinan di Badan Praktek Swasta XX  berpengetahuan baik.Saran dari penelitian ini adalah Untuk lebih meningkatkan hasil cakupan dan tingkat pengetahuan responden diharapkan petugas kesehatan lebih intensif memberikan masukan atau penyuluhan sehingga responden tanggap dan lebih mengerti apa yang menjadi masalah dan cara penanganan masalahnya yang berhubungan dengan tanda-tanda persalinan.

 

 

 

Kode file : K265

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)