Sabtu, 30 April 2011

Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang ASI Dan Pemberian ASI Eksklusif Di Bidan Praktek Swasta XX


Pemberian ASI eksklusif pada bayi kurang maksimal, karena banyak kendala yang dihadapi ibu menyusui. Tujuan umum penelitian ini adalah mempelajari "Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang ASI Dan Pemberian ASI Eksklusif Di Bidan Praktek Swasta XX". 

Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dengan instrumen quesioner dan observasi dengan instrumen form observasi pada 30 responden ibu menyusui. Wawancara mendalam ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Variabel bebas pada penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi keluarga, usia responden, jumlah anak, urutan anak, tingkat pengetahuan ibu tentang ASI, tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian ASI eksklusif, dan cara pemberian ASI eksklusif.

Dari hasil penelitian yang didapat pada umumnya pengetahuan ibu tentang ASI adalah baik sebanyak 17 orang (57%), cukup sebanyak 13 orang (43%), dan tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian ASI eksklusif adalah baik sebanyak 26 orang (87%), cukup sebanyak 4 orang (13%). Dan untuk cara pemberian ASI eksklusif yang mempunyai kategori benar sebanyak 27 orang (90%), sedang yang mempunyai kategori tidak benar sejumlah 3 orang (10%). Dari 30 responden yang diteliti hanya 7 orang yang memberi ASInya secara eksklusif sedangkan 23 orang lainnya sebagian ada yang memberikan susu formula dan ASI.

Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah masih banyak ibu menyusui yang belum tahu tentang ASI dan pemberian ASI eksklusif. Dari penelitian dapat diberikan saran sebagai berikut yaitu dengan; 1) Memberikan KIE dan motifasi kepada ibu menyusui untuk tidak memberikan susu formula kepada bayinya dan menganjurkan hanya memberikan ASI saja pada bayinya sejak bayi usia 0-6 bulan. 2) Memberi KIE dan mengajarkan cara merawat payudara yang benar pada ibu menyusui saat berkunjung di bidan praktek swasta XX.

 

 

 

Kode file : K259

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 60.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)