Sabtu, 30 April 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang KMS Di Desa XX

KMS adalah alat yang sederhana, murah dan penting untuk memantau kesehatan dan tumbuh kembang balita. Dimana sekarang hampir semua ibu balita memilikinya untuk dibawa ke posyandu dan pelayanan kesehatan yang dikunjungi. Diharapkan dengan dimilikinya KMS balita dapat dipantau kesehatan dan tumbuh kembang balita serta mendapat pelayanan kesehatan yang menyeluruh secara terus menerus. KMS berisi catatan penting tentang pertumbuhan, perkembangan  anak, imunisasi, penanggulangan diare, pemberian kapsul vitamin A, kondisi kesehatan anak, pemberian ASI eksklusif dan MP ASI dan rujukan ke Puskesmas/RS.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan dan dijawab ibu balita. Kuesioner diberikan kepada 54 ibu balita yang datang ke posyandu XX. Subyek yang diambil dengan cara total population. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan prosentase. Dari hasil penelitian didapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel yang diteliti. Variabel yang diteliti adalah tingkat pengetahuan.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah pada tingkat tahu dengan kategori tingkat pengetahuan Cukup baik sebanyak 24 ibu balita dan kategori tingkat pengetahuan baik sebanyak 18 ibu balita. Tingkat Paham dengan kategori tingkat pengetahuan cukup baik sebanyak 27 ibu balita dan kategori tingkat pengetahuan kurang baik sebanyak 24 ibu balita. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ibu balita yang berpendidikan baik dan usia yang merata, tingkat pengetahuan yang ada tergolong cukup baik tidak sesuai dengan teori yang ada. Diharapkan dengan diketahuinya hasil penelitian ini masyarakan dan tenaga kesehatan lebih meningkatkan keterlibatannya dalam kegiatan posyandu.

 

 

 

Kode file : K264

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)