Sabtu, 30 April 2011

Hubungan antara Pengetahuan Ibu Tentang Gizi dan Konsumsi Zat Gizi terhadap Status Gizi Balita Di Wilayah Puskesmas XX

Di negara berkembang seperti Indonesia, kekurangan gizi khususnya keadaan gizi buruk yang dikenal Kurang Energi Protein (KEP) tingkat berat pada anak usia balita merupakan salah satu penyebab tidak langsung tingginya angka kematian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dan konsumsi zat gizi terhadap status gizi Balitanya.
Penelitian dilakukan dengan rancangan Cross Sectional dengan memakai pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 61 responden. Subyek ditarik dari populasi dengan cara Stratifield Random Sampling. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variabel-variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah tingkat konsumsi zat gizi balita, tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dan karakteristik ibu sedangkan variabel  terikatnya  adalah status gizi.
Dengan hasil uji Fisher's exact test menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita sebesar P = 0,001 dan Phi coefficient 70,2%, sedangkan untuk hubungan antara konsumsi energi dengan status gizi sebesar (P = 0,001, Phi coefficient 89,3%) dan konsumsi protein dengan status gizi sebesar (P = 0,001, Phi coefficient 28,5%).
Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dan konsumsi zat gizi terhadap status gizi balita.
Saran yang diberikan  adalah perlu ditingkatkannya KIE tentang Gizi diberbagai tempat umum, perlu adanya intervensi untuk Balita yang berstatus Gizi buruk berupa PMT pemulihan terutama yang tidak mampu, meningkatkan fungsi Posyandu sebagai pemberi  KIE  bagi, ibu-ibu Balita, pemberian pemantauan yang berkesinambungan pada status Gizi Balita beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.




Kode file : K266
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)