Selasa, 05 April 2011

Model tugas membaca kreatif (TMK) pada wacana lingkungan dalam pembelajaran fisika di SMP

Model tugas membaca kreatif dalam pembelajaran fisika merupakan suatu rencana atau pola pembelajaran yang digunakan guru untuk menyampaikan konsep fisika dengan memberikan tugas membaca secara kreatif di rumah, yang kemudian didiskusikan dikelas secara berkelompok. Sedangkan membaca kreatif sendiri mempumyai arti sebagi suatu kegiatan membaca dimana seorang pembaca yang tidak hanya mampu menangkap makna yang tersurat tetapi juga mampu menangkap makna yang tersirat serta mampu menerapkan apa yang telah dibacanya dalam kehidupan sehari-hari. Wacana lingkungan merupakan ungkapan yang bersifat logis dan realistis serta mengandung masalah untuk diselesaikan, dalam penelitian ini merupakan alat atau media alternatif yang digunakan dalam pembelajaran fisika.

Wacana lingkungan yang digunakan berisi tentang materi kalor. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah aktifitas belajar siswa dengan model TMK pada wacana lingkungan dalam pembelajaran fisika?; (2) Bagaimanakah perubahan skor tes hasil belajar siswa dengan model TMK pada wacana lingkungan dalam pembelajaran fisika?; (3) Bagaimanakah retensi hasil belajar siswa yang belajar fisika dengan model TMK pada wacana lingkungan?. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui aktifitas belajar siswa yang belajar fisika dengan model TMK pada wacana lingkungan; (2) Mengetahui perubahan skor tes hasil belajar siswa setelah belajar fisika dengan model TMK pada wacana lingkungan; (3) Mengetahui retensi hasil belajar siswa yang belajar fisika dengan model TMK pada wacana lingkungan. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah (1) Bagi siswa, dengan diterapkannya model tugas membaca kreatif (TMK) pada wacana kejadian lingkungan pada pembelajaran fisika diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar sehingga di peroleh hasil belajar yang maksimal; (2) Bagi guru, sebagai informasi dan alternatif model pembelajaran fisika yang dapat digunakan untuk mengajar fisika serta memperbaiki hasil belajar fisika; (3) Bagi para peneliti, dapat menambah dan mengembangkan pengetahuan yang dimiliki serta menambah wawasan tentang penelitian pendidikan.

Kegiatan penelitian ini adalah bentuk penelitian kuantitatif dan deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitain action researcrh yang merupakan bagian dari penelitian research and development dengan model siklus.

Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Jember kelas VIII D yang diajar fisika dengan Model Tugas Membaca Kreatif (TMK) Pada Wacana Lingkungan. Sedangkan data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan tes. Metode analisa data dalam penelitian ini berupa (1) Untuk mengkaji perubahan skor tes hasil belajar lingkungan dapat diketahui dari selisih nilai rata-rata pos tes siswa dengan nilai rata-rata pre tes siswa; (2) Untuk mengkaji retensi hasil belajar fisika siswa dapat diketahui dengan membagi rata-rata tes tunda dengan rata-rata post tes; (3) Untuk mengkaji aktifitas siswa selama proses dapat diketahui dari hasil observasi.

Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang diawali dengan pre tes untuk masing-masing sub pokok bahasan. Siklus I merupakan aplikasi paket instrument I dari model tugas membaca kreatif (TMK) pada wacana lingkungan sesuai dengan prosedur penelitian pada bab III, demikian juga dengan siklus II yang merupakan aplikasi paket instrument II, dan siklus III merupakan aplikasi paket instrument II. Pelaksanaan siklus I, II, dan III meliputi pemberian perlakuan dan, refleksi dari hasil perlakuan.

Berdasarkan hasil observasi selama pembelajaran pada setiap siklus menunjukkan peningkatan baik dalam hal aktifitas, tingkat penguasaan konsep, kemampuan siswa membuat pertanyaan dari wacana, serta kemampuan bertanya dan memberikan balikan. Namun pada siklus II terjadi penurunan pada salah satu komponen aktifitas siswa yaitu kesiapan siswa pengikuti PBM. Penurunan aktifitas kesiapan siswa PBM yaitu dari 81,8% pada siklus I menjadi 80,69% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang belajar fisika dengan model tugas membaca kreatif pada wacana lingkungan pada saat sebelum diberi perlakuan (pre tes) dan setelah diberi perlakuan (pos tes) mengalami peningkatan, hal ini di tunjukkan dengan adanya perubahan skor tes hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yakni pada siklus pertama terjadi perubahan skor tes hasil belajar dari 41,00 menjadi 60,16 (46,73%); kemudian pada siklus II dari 42,06 menjadi 62,16 (47,81%); dan pada siklus III dari 45,22 menjadi 67,88 (50,11%). Retensi siswa dapat dilihat dari perbandingan rata-rata tes tunda terhadap rata-rata pos tes siswa. Dari hasil analisis retensi diperoleh besarnya retensi meningkat pada setiap siklusnya yakni pada siklus I sebesar 88,05%, pada siklus II sebesar 90,85%, dan pada siklus III sebesar 92,61%.

 

 

 

Kode File : G005

 

File Skripsi ini terdiri atas :

-         Bagian depan

-         Bab 1 – 5 (pendahuluan – penutup) lengkap

-         Daftar pustaka

-         Lampiran2 (instrumen, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 50.000,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)