Sabtu, 30 April 2011

Kajian Peran Bidan di Desa dalam Upaya Penanganan Anemia Ibu Hami di Kecamatan XX

Anemia ibu hamil disebut "Potential Danger to Mother and Child" (Potensial membahayakan ibu dan anak), karena itulah anemia memerlukan perhatian serius dari semua pihak yang terkait dalam pelayanan kesehatan terutama bidan yang berada pada masa kini terdepan pada sistem pelayanan kebidanan. Bidan mempunyai peranan penting baik sebagai pelaksana, pengelola, pendidik maupun sebagai peneliti dalam upaya penanganan anemia ibu hamil.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dan populasi yang diambil adalah seluruh bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Pagak. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi. Pengumpulan datanya menggunakan alat bantu kuesioner dan cek list dengan jenis pertanyaan yang bersifat tertutup dan data yang diperoleh dianalisa dengan cara deskriptif kualitatif pada satu variabel atau univariate.

Hasil penelitian terhadap 10 bidan di Wilayah Kerja Puskesmas XX didapatkan bahwa untuk peran pelaksana, sebagian besar bidan mempunyai peran yang cukup yaitu 60%. Untuk peran pengelola bidan yang sangat berperan adalah 50% dan cukup berperan 10%. Untuk peran pendidik, bidan yang sangat berperan adalah 60% dan yang cukup berperan 40%. Serta untuk peran peneliti, bidan yang cukup berperan 30% dan yang kurang berperan adalah 50%. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bidan telah cukup berperan sebagai pelaksana dan pendidik serta bidan sudah sangat berperan sebagai pengelola dan peneliti dalam upaya penanganan anemia ibu hamil.

 

 

 

Kode file : K271

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 45.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)