Sabtu, 30 April 2011

Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Post Partum Normal Hari 1-7 Tentang Mobilisasi Dini di Desa XX


Selama masa kehamilan dan persalinan terjadi perubahan fisik dan psikis, dimana perubahan tersebut memerlukan proses pemulihan  ( Involusi Uterus) lebih baik dengan melaksanakan mobilisasi dini supaya tetap sehat pada masa nifas.        Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan perilaku ibu post partum normal hari 1-7 tentang mobilisasi dini.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah semua ibu post partum normal hari 1-7 di Bidan Praktek Swasta XX dengan jumlah sampel 32 orang ibu post partum normal dan cara pengambilan sampel dilakukan secara pourposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan gambaran pengetahuan ibu post partum normal tergolong baik sebanyak 14 orang (43,75%), cukup baik sebanyak 18 orang (56,25%). Dan perilaku ibu post partum normal yang melakukan mobilisasi dini sebanyak 15 orang (46,875%) mobilisasi lambat ( >2 jam) sebanyak 17 orang (53,125%).

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran pengetahuan dan perilaku ibu post partum normal hari 1-7 tentang mobilisasi dini pada gambaran pengetahuan mayoritas ibu post partum berpengetahuan cukup baik, ini disebabkan karena ibu tidak pernah mendapat penjelasan / penyuluhan tentang mobilisasi dini dan usia ibu post partum antara 21-30 tahun. Sedangkan perilaku ibu post partum normal hari 1-7 tentang mobilisasi dini mayoritas tidak melakukan, hal ini dipengaruhi oleh pendidikan responden yang masih tergolong sedang (SLTP dan SLTA).  Sarannya adalah perlu adanya kebijakan pelaksanaan mobilisasi dini, 1-2 jam pasca persalinan normal dimana peran bidan atau perawat sangatlah penting.

 

 

 

Kode file : K257

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)