Sabtu, 30 April 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Luka Post Seksio Sesarea di Ruang Nifas RS XX

Seksio sesarea adalah pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus. Seksio sesarea telah menjadi tindakan bedah kebidanan kedua yang digunakan di Indonesia dan diluar negeri. Sayatan pada dinding uterus dan dinding depan abdomen menimbulkan luka bekas operasi seksio sesarea. Penyembuhan luka adalah suatu kualitas dari kehidupan jaringan hal ini berhubungan dengan regenerasi jaringan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi pengetahuan ibu tentang perawatan luka post seksio sesarea.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif. Jumlah sample yang diperoleh 8 orang dan pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan pada responden. Dari hasil penelitian didapatkan pengetahuan responden tentang pengetahuan perawatan luka SC : baik 12,5 %, cukup baik 62,5%, kurang baik, 25%, dan tidak baik 0.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengetahuan responden tentang perawatan luka seksio sesarea mayoritas cukup baik yaitu (62,5%), dari hasil yang cukup baik ini hendaknya perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi dengan meniingkatkan pemberian informasi kesehatan, sehingga diharapkan pengetahuan meningkat menjadi lebih baik.

 

Kode file : K269

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : PDF

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)