Sabtu, 02 April 2011

Hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar anak (usia 3-5 tahun) di TK

Masalah gizi adalah masalah kesehatan yang penanggulangannya tidak dapat dilakukan dengan pendekatan medis dan pelayanan kesehatan saja. Prestasi belajar pun juga ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, baik internal (dari dirinya) maupun eksternal (dari luar dirinya), dimana prestasi belajar merupakan interaksi antara berbagai  faktor tersebut. Karena kematangan fisik dan psikis dalam bentuk jasmani yang sehat dan kecerdasan yang dapat mempengaruhi prestasi belajar itu diantaranya berhubungan erat dengan pola makan dan status gizi. Maka dari itu  pentingnya makanan dengan gizi yang baik, selain itu  pertumbuhan badan anak supaya tumbuh dengan sehat, juga untuk perkembangan (maturasi jaringan dan fungsinya) yang juga menuntut nutrisi yang baik untuk menunjang otak yang merupakan motor utama dari yang dinamakan perkembangan. Sehingga anak memiliki perkembangan intelektual yang baik dan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.
Permasalahan gizi buruk merupakan permasalahan yang sering dialami di negara di dunia, baik negara maju maupun negara berkembang. Hal ini juga sangat berpengaruh pada prestasi belajar anak usia prasekolah di taman kanak-kanak karena pembentukan otak sejak kecil terhambat, sehingga berpengaruh pada kemampuan anak belajar di taman kanak-kanak, yang mengakibatkan di suatu taman kanak-kanak ada beberapa anak yang dinyatakan tidak lulus dalam proses belajar mengajar di sana.
Masalah gizi kurang dan gizi buruk ini bila tidak ditangani secara serius akan mengakibatkan bangsa Indonesia akan mengalami "Los Generation", keterlibatan keluarga yang selama 24 jam mendampingi anak, perhatian cukup dan pola asuh anak yang tepat akan memberi pengaruh yang besar dalam memperbaiki status  gizinya. Karena anak merupakan salah satu golongan penduduk yang berada dalam situasi rentan dalam kehidupannya di tengah masyarakat, yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap orang tua. Jika orang tua lalai menjalankan tanggung jawabnya, maka anak akan menghadapi masalah. Karena anak yang kurang diperhatikan status gizinya, maka harapan orang tua yang ingin/ berharap anaknya bisa menjadi anak yang berguna dan membanggakan besar kemungkinan  tidak akan tercapai, bahkan anak tersebut selain pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya akan terganggu, juga akan menjadi anak yang lemah, tidak periang dan tak bergairah.



Kode file : K246

File skripsi ini meliputi :
-         Bagian depan (daftar isi, dll)
-         Bab 1-5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-         Daftar pustaka

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 50.000,-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)