Senin, 02 Mei 2011

Hubungan antara tingkat pengetahuan tentang seksualitas remaja dengan sikap remaja terhadap free sex pada siswa-siswa SMU XX

            Masalah seksualitas dikalangan remaja adalah masalah yang cukup pelik untuk diatasi. Disatu sisi perkembangan seksual itu muncul sebagai bagian dari perkembangan yang harus dijalani. Namun disisi lain penyaluran hasrat seks yang belum semestinya mereka lakukan menimbulkan kecemasan dan akibat yang serius. Seperti melakukan hubungan seksual pranikah (free sex). Kehamilan yang tidak dinginkan, pernikahan dini, aborsi atau tertular penyakit kelamin, tertular HIV/AIDS, dll. Penelitian ini dilakukan untuk memperlajari hubungan antara tingkat pengetahuan tentang seksualitas remaja dengan sikap remaja terhadap free sex pada siswa-siswa SMU XX.

            Metode penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 123 responden yang ditarik dari populasi dengan cara simple random sampling. Analisa hasil penelitian memakai prosentase dan skor T, baru kemudian dimasukkan ke dalam Chi – square untuk melihat hubungannya.

            Hasil penelitian menunjukkan dari 123 responden 7,32% memiliki tingkat pengetahuan kurang baik sikap positif 20,33% memiliki tingkat pengetahuan cukup baik sikap positif, 5,69% memiliki tingkat pengetahuan cukup baik sikap negatif, 40,65% memiliki tingkat pengetahuan baik sikap positif dan 17,07% memiliki tingkat pengetahuan positif sikap negatif.      Setelah dianalisa dan dilakukan uji dengan menggunakan korelasi chi-square didapatkan p value 0,001  < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Yang dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang seksualitas remaja dengan sikap remaja terhadap free sex.

            Karena seriusnya akibat yang ditimbulkan oleh free sex, maka diperlukan peran serta masyarakat khususnya keluarga dalam meningkatkan sistem kontrol, menciptakan suasana yang harmonis dan pemberian pendidikan seks dini pada remaja serta memasukkan pendidikan seks dan kesehatan reproduksi remaja dalam kurikulum sekolah khususnya pada tingkat SLTA.

 

 

 

Kode file : K276

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)