Sabtu, 07 Januari 2012

Pengaruh Perkembangan Jumlah Pelanggan kartuHALO Melalui Program HALObebas Terhadap Tingkat Pemakaian Pulsa Rata-rata Pelanggan kartuHALO

Persaingan bisnis selular yang ketat membuat para operator selular
harus terus berinvestasi guna memperluas jaringannya. Hal tersebut
mutlak harus dilakukan oleh tiap operator karena potensi yang dimiliki
bisnis ini sangat besar mengingat pangsa pasar yang besar dengan
keadaan geografis dan struktur demografis yang sangat membutuhkan
teknologi komunikasi yang memadai untuk mengakomodasi kebutuhan sosial
dan ekonomi masyarakat. Berdasarkan data yang penulis peroleh dari
website majalah SWA pada tanggal 15 April 2005 dapat diketahui bahwa
untuk tahun 2005 PT. Telekomunikasi Selular menganggarkan dana sebesar
US$ 600 juta untuk perluasan dan peningkatan kualitas jaringannya. PT.
Indosat menganggarkan sebesar US$ 640 juta, sementara PT. Excelcomindo
Pratama menyiapkan dana sebesar US$ 250 juta. Anggaran yang disiapkan
PT. Telekomunikasi Indonesia adalah sebesar Rp. 1,7 trilyun, PT.
Bakrie Telecom menganggarkan sebesar US$ 500 juta, dan yang terakhir
PT. Mobile-8 Telecom sebesar US$ 400 juta.
Industri ini memiliki dua jenis produk yang secara langsung memisahkan
pelanggan menjadi dua kategori, yaitu pelanggan pascabayar dan
pelanggan prabayar. Perbedaan produk pascabayar dan prabayar adalah
pada proses aktivasi, metode pembayaran pulsa, dan data pelanggan.
Proses aktivasi nomor pascabayar memerlukan data pelanggan secara
lengkap, kemudian proses aplikasi, registrasi, dan verifikasi. Hal
tersebut tidak perlu dilakukan pada produk prabayar karena pada produk
ini pelanggan dapat melakukan aktivasi sendiri sesuai petunjuk yang
tertera pada paket perdana produk tersebut tanpa harus memenuhi
persyaratan administrasi.
Jumlah pelanggan pascabayar yang sangat kecil jika dibandingkan
pelanggan prabayar tersebut membuat pihak manajemen Telkomsel
mempertimbangkan suatu strategi untuk menarik minat calon pelanggan
potensial, karena selama ini pascabayar identik dengan tingkat
segmentasi pasar premium. Pada bulan April 2004 Telkomsel meluncurkan
program HALObebas dimana program ini memberikan tiga pilihan paket,
yaitu paket bebas roaming nasional, paket bebas 150 SMS per bulan, dan
paket bebas abonemen. Strategi ini menjawab keinginan pasar potensial
yang ingin berlangganan kartu pascabayar sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan perilaku komunikasinya.


Kode file : F076
File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (Daftar isi dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 30.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)