Senin, 02 Januari 2012

ANALISIS UNTUK MENENTUKAN PILIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN BAGI PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG SYARIAH MALANG

Manajemen strategi merupakan sejumlah keputusan dan tindakan yang mengarah pada penyusunan suatu strategi atau sejumlah strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan (Jauch dan Glueck, 1998; 6). Strategi mengandung unsur waktu menembus ke masa depan, karena strategi adalah sarana untuk mengubah keadaan saat ini menjadi keadaan yang diinginkan di masa depan. Pengambilan keputusan mengenai strategi dilakukan dengan memanajemeni lingkungan intern, dan memperhatikan, mewaspadai serta menyikapi lingkungan ekstern perusahaan.
Krisis moneter yang melanda Indonesia adalah suatu bukti bahwa asumsi di atas salah total. Seperti kita ketahui, sistem moneter yang selama ini kita gunakan adalah sistem perbankan konvensional, dimana keterkaitan antara sektor moneter dengan sektor riil lebih longgar, sehingga sektor moneter dimungkinkan berkembang jauh lebih cepat daripada sektor riilnya. Bahkan, di dunia volume transaksi di sektor riil hanya 1,5 % dari transaksi di sektor moneter yang berkaitan dengan sektor riil. Keadaan inilah yang mendorong terjadinya buble economy yang pada saatnya akan terjadi crash dan keadaan yang paling parah adalah seperti yang kita alami sekarang ini. Oleh karena itu, mulailah diperkenalkan suatu sistem ekonomi alternatif, yaitu bank syariah. Bank syariah  hanyalah merupakan sub unit dari unit finansial; demikian juga unit finansial merupakan bagian dari sub sistem ekonomi. Sementara sub sistem ekonomi merupakan bagian integral dari sistem Islam yang maha luas.
Bank syariah terbebas dari negative spread karena tidak berbasis pada bunga uang. Konsep Islam menjaga keseimbangan antara sektor riil dengan sektor moneter, sehingga pertumbuhan pembiayaannya tidak akan lepas dari pertumbuhan sektor riil yang dibiayainya. Pada saat perekonomian lesu, maka yield yang diterima oleh perbankan Islam menurun, dan pada gilirannya return yang dibagi-bagikan kepada para penabung juga turun. Sebaliknya, pada saat perekonomian booming, maka return yang dibagi-bagikan akan booming pula. Prinsip utama bank syariah  adalah filosofi kemitraan dan kebersamaan dalam profit dan resiko , dengan tujuan mewujudkan kegiatan ekonomi yang lebih adil dan transparan. Diharapkan dengan sistim perbankan syariah kita dapat membunuh wabah penyakit negative spread (keuntungan minus) dari dunia perbankan hingga ke akar-akarnya. Hal ini diperkuat oleh desakan masyarakat muslim, yang selama ini menganggap bahwa bunga bank adalah riba atau suatu perkara mutasyabihat ( yang masih samar hukumnya), untuk segera mendirikan sebuah lembaga perbankan yang bercorak islami.

Kode file : F072
File skripsi ini meliputi
-          Bagian depan (Daftar isi, dll)
-          Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
-          Daftar pustaka
-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.WORD
Biaya : Rp. 25.000,- (boleh kirim pulsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)