Senin, 02 Januari 2012

Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Sebagai Dasar Pengoptimalan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Di Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan)

Sektor jasa akhir-akhir ini memiliki kecenderungan kesempatan berkembang yang meningkat karena jasa dalam suatu perekonomian secara mutlak diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karena itu jasa yang bisa dinikmati masyarakat semakin meningkat jumlah dan jenisnya. Adanya kemajuan perekonomian global dewasa ini mendorong pertumbuhan sektor jasa. Banyak peluang bisnis yang muncul dari sektor ini, demikian pula halnya kesempatan kerja semakin luas. Di Amerika Serikat, pekerjaan dalam sektor jasa mencapai 75-77% dari total lapangan kerja dan 70% dari GNP, serta diharapkan untuk menyediakan 90% dari keeseluruhan lapangan kerja baru pada dekade abad 21. Jumlah orang yang bekerja dalam  sektor jasa (seperti tranportasi, komunikasi, perdagangan grosir dan eceran, keuangan dan asuransi, pemerintahan, hukum, pendidikan dan kesehatan) di Amerika Serikat mencapai 96 juta orang. Sedangkan untuk tahun 2005 diproyeksikan mencapai 107,4 juta orang. Sebuah artikel dalam majalah Fortune yang berjudul "Service Is Everybody's Business"  malah berani memprediksikan bahwa semua lapangan kerja baru yang tercipta di Amerika Serikat di tahun 2005 berasal dari sektor jasa.
Jumlah rumah sakit dalam 20 tahun terakhir ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Pada akhir tahun 1995 jumlah RS 1.638 rumah sakit. Artinya dalam kurun waktu itu jumlah rumah sakit meningkat sekitar 47 %. Dari 1638 rumah sakit tersebut secara rinci adalah sebagai berikut : 801 rumah sakit umum, 185 rumah sakit khusus, 47 rumah sakit jiwa, dan 605 rumah sakit bersalin. Jumlah rumah sakit umum meningkat menjadi 38 % dari 581 pada tahun 1974 menjadi 801 pada pada akhir tahun 1995. Kenaikan jumlah rumah sakit umum terbanyak ada pada sektor swasta, yaitu 145 % atau 113 buah pada tahun 1974 menjadi 277 buah pada akhir tahun 1995
Dalam usaha jasa, kualitas lebih banyak ditentukan oleh para pemakai jasa tersebut. Oleh karena itu evaluasi terhadap pelayanan jasa rumah sakit perlu dilakukan secara terus-menerus, salah satu caranya dengan menggunakan user-based approach /pendekatan konsumen. Pendekatan ini didasarkan pada pemikiran bahwa kualitas tergantung pada orang yang memandangnya, sehingga produk yang paling memuaskan preferensi seseorang merupakan produk yang berkualitas paling tinggi.

Kode file : F069
File skripsi ini meliputi
-          Bagian depan (Daftar isi, dll)
-          Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
-          Daftar pustaka

Bentuk file : Ms.WORD
Biaya : Rp. 20.000,- (boleh kirim pulsa)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)