Minggu, 26 Juni 2011

Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang SADARI dalam Upaya Deteksi Dini Tumor Payudara di Desa XX

Banyak wanita penderita keganasan payudara baru mengetahui bahwa dirinya menderita tumor payudara saat sudah memasuki stadium lanjut, sebenarnya segala kelainan pada payudara dapat dideteksi sendiri oleh setiap wanita dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Berdasarkan study  pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 8 – 9 April 2010 di  desa Bandungsekaran kecamatan Balong Panggang Kabupaten Gresik terhadap 30 responden terdapat 70% WUS yang tidak pernah melakukan SADARI dan 30% pernah melakukan SADARI.

Desain penelitian ini  menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WUS yang berjumlah 824 orang, sampel yang digunakan 130 orang dari seluruh populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling, variabel penelitian adalah pengetahuan tentang SADARI dalam upaya Deteksi dini Tumor Payudara alat ukur yang digunakan adalah angket. Pengolahan data dengan rumus Distribusi frekuensi dan di kategorikan baik, cukup baik, kurang baik, dan tidak baik.

Hasil penelitian  ini menunjukkan secara keseluruhan bahwa menurut usia 21 – 25 tahun yang mempunyai pengetahuan baik (84,2%), sedangkan yang berusia 46 – 49 tahun yang mempunyai  pengetahuan tidak baik (20%). Pengetahuan WUS menurut pendidikan tidak tamat SD yang pengetahuannya tidak baik (50%), sedangkan pendidikan PT yang mempunyai pengetahuan baik adalah (100%).

 Kesimpulan dari penelitian  ini adalah bahwa ternyata pengetahuan WUS di desa Bandungsekaran kecamatan Balong Panggang kabupaten Gresik sudah baik terutama yang berpendidikan SMA dan PT. Hal ini dapat terjadi karena pengetahuan dapat dipengaruhi oleh pendidikan. Saran  yang diberikan kepada tenaga kesehatan (khususnya bidan) untuk lebih meningkatkan pelayanan berupa KIE, leaflet atau brosur secara profesional.

 

 

Kode file : K307

File skripsi ini meliputi :

-          Abstraks, Daftar isi dll

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka (24 pustaka, tahun 2004 s/d 2010)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge : Rp. 50.000,-


1 komentar:

  1. Bisa taw k ini data nyaa apa..??
    Nominal,, ato apaa..??
    Maksi..

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)