Senin, 13 Juni 2011

Gambaran Tingkat Kecemasan Ibu Bersalin Fisiologi Primigravida di BPS. XX


Kecemasan merupakan suatu gejala yang tidak menyenangkan, sensasi cemas, takut dan terkadang panik akan suatu bencana yang mengancam dan tidak terelakan yang dapat atau atau tidak berhubungan dengan rangsangan ekstrenal. Untuk mengetahui kemungkinan ibu mengalami kecemasan sebelum persalinan perlu dilaksanakan deteksi dini. Namun demikian tidak semua ibu mengalami hal tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil survey pendahuluan yaitu dari 10 ibu primigravida yang akan bersalin di BPS XX, lebih dari separuh (60%) mengalami kecemasan sedang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, karena bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan. Populasi dari penelitian ini adalah semua ibu bersalin di BPS XX pada tanggal 1 September – 14 September 2010 dengan jumlah sampel 25 orang dan cara pengambilan sampel menggunakan quota sampling yaitu pengambilan sampel sesuai dengan  jatah waktu.

Berdasarkan analisa deskriptif diperoleh hasil bahwa tingkat kecemasan ibu primigravida di BPS XX  sebagian besar mengalami kecemasan sedang hal ini dikarenakan  ibu takut akan terjadi hal buruk dalam persalinannya. Saran setelah dilakukan penelitian kepada tenaga kesehatan yaitu untuk lebih meningkatkan pelayanan secara profesional dan intensif seperti pemberian informasi KIE serta persiapan dalam persalinan baik fisik dan mental.

 

 

 

Kepustakaan   : (tahun 2003 – 2010)

Kode file : K302

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Tanpa kuesioner  

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 30.000,-



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)