Selasa, 05 Juli 2011

Gambaran Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di Wilayah Polindes XX

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan 2 peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Secara alamiah, setiap individu akan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yaitu masa embrio sampai akhir hayatnya. Pada periode tertentu dalam pertumbuhan dan perkembangan terdapat adanya masa percepatan dan masa anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Kecepatan pertumbuhan dan perkembangan anak bervariasi antara anak yang satu dengan anak yang lain tergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhi seperti genetic, lingkungan, nutrisi sosial, ekonomi dan faktor psikososial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan balita di wilayah Polindes XX.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan pada Agustus terhadap 60 ibu balita di wilayah Polindes  XX. Cara pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah proposional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan langsung kepada ibu balita yang datang pada saat posyandu dan memenuhi kriteria inklusi.

Hasil penelitian menunjukkan dari 60 responden 46,67% responden berusia lebih dari 30 tahun, 40% berpendidikan SD, 63,33% tidak bekerja atau ibu rumah tangga dan 43,33% responden mempunyai 2 anak. Selain itu 48,3% mempunyai tingkat pendidikan kurang baik dan 53,3% mempunyai sikap positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Untuk pertumbuhan balita dari 60 balita terhadap 63,3% balita yang tergolong berstatus gizi normal dan balita yang memiliki perkembangan normal sebanyak 65%.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa sebagian besar ibu balita mempunyai tingkat pengetahuan yang kurang baik tentang pertumbuhan dan perkembangan balita, ini disebabkan karena rendahnya tingkat pendidikan ibu dan kurangnya informasi yang didapatkan oleh ibu balita terutama tentang pertumbuhan dan perkembangan. Akan tetapi pada sikap ibu balita sebagian besar memiliki sikap positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini menunjukkan bahwa ibu balita berpartisipasi aktif dalam kegiatan posyandu. Sarannya adalah diperlukan pemberian pengetahuan, informasi dan ketrampilan secara intensif kepada ibu balita tentang tumbuh kebang terutama dalam memonitoring tumbuh kembang anak.

 

 

Kode file : K308

File skripsi ini meliputi :

-          Abstraks, Daftar isi dll

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka ( 26 pustaka thn 2003 s/d 2010)

-          Lampiran2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge : Rp. 100.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)