Selasa, 07 Juni 2011

Pengaruh Faktor Predisposisi Pasangan Usia Subur Terhadap Pemilihan Dan Penggunaan Kontrasepsi Hormonal.

            Program KB merupakan salah satu usaha pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, salah satunya yaitu dengan KB hormonal, yaitu pil, suntik, susuk. Dari ketiga jenis KB tersebut mempunyai daya guna yang tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi ibu dalam memilih jenis kontrasepsi salah satunya yaitu usia, peran pengambil keputusan, jumlah anak atau paritas, pengalaman dengan kontrasepsi yang lalu, status sosial. Namun demikian banyak dari Ibu-Ibu yang menggunakan jenis kontrasepsi yang dirasa kurang sesuai, hal ini dapat dilihat pada masyarakat pengguna kontrasepsi hormonal, yang kebanyakan dari mereka menggunakan jenis kontrasepsi secara sembarangan.

            Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan crosseksional, yang bertujuan untuk mengetahui apakah faktor predisposisi tadi mempengaruhi ibu dalam memilih dan menggunakan kontrasepsi hormonal, dan penelitian dilakukan dalam satu kali pada satu saat. Dimana populasi dari penelitian ini sebanyak 440 orang dengan jumlah sampel 81 orang dan cara pengambilan sampel dengan tehnik random dengan quota sampling yaitu diambil dari responden yang menempati Rw I dan Rt 01-10 tiap Rt diambil 8-9 orang.

            Berdasarkan hasil penelitian dan dari hasil chi-square didapatkan bahwa usia para akseptor kebanyakan >35, peran pengambil keputusan dipegang istri, jumlah anak > 3, tidak ada pengalaman dengan kontrasepsi yang lalu, pendidikan kebanyakan SD, dan  kebanyakan tidak bekerja, dan yang mempengaruhi mereka dalam memilih dan menggunakan jenis kontrasepsi adalah pekerjaan dan pengalaman dengan yang lalu.

            Kesimpulan dari penelitian ini ternyata didapatkan bahwa usia, peran pengambil keputusan, jumlah anak, pendidikan tidak mempengaruhi mereka dalam memilih dan menggunakan jenis kontrasepsi, tetapi pekerjaan dan pengalaman dengan yang lalu mempengaruhi mereka dalam memilih dan menggunakan kontrasepsi yang akan ia pilih.  Saran yang dapat diberikan pada tim kesehatan adalah agar mereka meningkatkan penyuluhan juga memberikan pendidikan kesehatan bagi keluarga dengan jelas dan mudah dimengerti.

 

 

 

 

 

Kode file : K290

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (Abstraks, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)