Jumat, 24 Juni 2011

Hubungan Tingkat Kesulitan Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Biologi Reproduksi Mahasiswa Akademi Kebidanan XX

Masih terdapatnya hasil belajar mahasiswa yang kurang baik pada mata kuliah Biologi Reproduksi disebabkan oleh banyak faktor salah satunya tingkat kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kesulitan belajar dengan hasil belajar Biologi Reproduksi mahasiswa Akademi Kebidanan XX.

Jenis dan desain  penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian sebanyak 127 orang. Sampel diperoleh sebanyak 96 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara acak (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan hasil belajar Biologi Reproduksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kesulitan Belajar dengan hasil belajar mata kuliah Biologi Reproduksi dengan nilai korelasi 0,689. Secara kualitatif kekuatan hubungan dalam kategori kuat. Semakin rendah kesulitan belajar mahasiswa maka semakin baik pula hasil belajarnya, sebaliknya semakin kurang baik Kesulitan Belajarnya semakin kurang baik hasil belajarnya. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y sebesar 47,47%. Demikian juga variabel faktor internal dan faktor eksternal mempunyai hubungan  dengan hasil belajar Biologi Reproduksi dengan kategori sedang dan kuat. Diharapkan Dosen Akbid XX untuk membantu memecahkan kesulitan belajar yang dialami mahasiswa terutama dari faktor eksternal, sehingga pencapaian hasil belajar mahasiswa dapat meningkat.

 

 

Kode file : E011

File skripsi ini meliputi :

-          Abstraks, Daftar isi dll

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka

-          Lampiran2 (kuesioner, analisis, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge : Rp. 80.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)