Selasa, 07 Juni 2011

Faktor-faktor kecenderungan ibu dalam memilih kontrasepsi IUD (intra uterine device) di desa XX

Kesadaran akan pentingnya perencanaan keluarga biasanya dikaitkan dengan konsep perencanaan keluarga, pasangan muda dianggap lebih siap baik secara mental, spiritual maupun finansial dalam penataan masa depan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan alat kontrasepsi yang tepat ada berbagai macam faktor. Berdasarkan data yang ada di polindes XX, jumlah akseptor keluarga berencana yang aktif mencapai 800 orang. Namun hanya 3.75% yang memakai kontrasepsi IUD (intra uterine device).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor kecenderungan ibu dalam memilih kontrasepsi IUD (intra uterine device) di desa XX. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2005 dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi dari penelitian ini adalah total populasi dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang dan cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik Total sampling.

Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa tingkat pengetahuan umumnya baik (86.7%) dan cukup (13.3%). Usia antara 26-30 tahun (36.7%), dengan paritas 2 anak (56.7%). Dilihat dari keadaan sosial budaya sebagian besar memakai IUD (intra uterine device) dikarenakan tidak ada larangan dari adat istiadat (80%). Dari segi agama, tidak ada larangan dalam agama mereka (46.7%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang kontrasepsi IUD (intra uterine device) umumnya baik dengan rata-rata usia antara 26-30 tahun. Faktor paritas menunjukkan bahwa sebagian responden menggunakan IUD (Intra Uterine Device) setelah mempunyai 2 anak. Dalam sosial budaya dan agama, ternyata sebagian besar tidak melarang penggunaan IUD (intra uterine device). Saran yang dapat diberikan adalah menganjurkan untuk melakukan kunjungan ulang secara rutin dan bersosialisasi dengan ibu-ibu lain yang belum menggunakan kontrasepsi IUD (intra uterine device).

 

 

 

 

 

Kode file : K291

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (Abstraks, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)