Selasa, 07 Juni 2011

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang ASI eksklusif dengan Ketepatan Pemberian MP-ASI di desa XX

Tujuan dari  penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan ketepatan pemberian MP-ASi. Jenis penelitian  ini adalah analitik dengan desain  penelitian Cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di desa XX. Penelitian  ini dilaksanakan pada bulan Mei 2005 dengan jumlah sampel 37 ibu. Syarat untuk menjadi sampel antara lain, ibu yang mempunyai  bayi berumur 6 – 12 bulan, ibu yang bertempat tinggal di desa XX, dan ibu yang bersedia diteliti. Pengumpulan data sekunder diambil dari data Puskesmas XX. Sedangkan untuk data primer diperoleh dengan cara wawancara dan pengamatan dengan menggunakan kuesioner.

Hasil   penelitian yang dilakukan menunjukkan data bahwa pengetahuan ibu terhadap ketepatan pemberian MP-ASI pada tingkat tahu 40,5% adalah baik, 40,5% cukup baik, dan tingkat pengetahuan yang kurang 19%. Pengetahuan ibu terhadap  ketepatan pemberian MP-ASI pada tingkat paham 35,1% adalah baik, 46% cukup baik, 16.2% kurang baik, dan 2,7% tidak baik. Sedangkan ketepatan pemberian MP-ASI 56,8% yang memberikan MP-ASI tepat dan 43,2% yang memberikan MP-ASI tidak tepat.

Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan ketepatan pemberian MP-ASI, maka dilakukan uji statistik Chi – Square dengan menggunakan program komputer SPSS For Windows Versi 10. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan  ibu terhadap ketepatan pemberian MP-ASI.

Pada akhir  penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar ibu memberikan MP-ASI secara tepat, meskipun masih banyak yang memberikan MP-ASI tidak tepat. Sehingga dari hasil penelitian  ini diharapkan ibu-ibu dapat memberikan ASI sebagai makanan terbaik bagi bayinya hingga usia 6 bulan, sedangkan memberikan makanan pendamping ASI usia 6 – 12 bulan. Sedangkan bayi petugas kesehatan diharapkan peran aktifnya untuk memberikan penyluhan tentang pentingnya ASI eksklusif, manfaat ASi, dan waktu yang tepat memberikan MP-ASI kepada bayinya.

 

 

 

 

Kode file : K292

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (Abstraks, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)