Selasa, 07 Juni 2011

Gambaran tingkat pengetahuan ibu nifas tentang perawatan payudara masa nifas di Bidan Praktek Swasta XX

            Gerakan Nasional peningkatan air susu ibu (ASI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak. Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) menunjukkan bahwa hampir semua bayi (96,3%) di Indonesia pernah mendapat ASI. Pola pemberian ASI adalah 41% ibu memberikan ASI pada hari pertama, 18% memberikan pada hari kedua, 41% sisanya memberikan ASI setelah hari kedua. Tidak diberikannya ASI pada hari kedua dikarenakan ASI belum keluar dan puting susu yang masuk kedalam yang diakibatkan karena kurangnya pengetahuan ibu tentang perawatan payudara pada saat hamil. Oleh karena belum keluarnya ASI dan tidak lancarnya produksi ASI setelah melahirkan maka diperlukan sekali perawatan payudara pada masa nifas.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pada penelitian ini, yang diteliti adalah sebagian ibu nifas di Bidan Praktek Swasta XX. Teknik pengambilan sampelnya adalah accidental sampling.

Dari hasil penelitian didapatkan tingkat pengetahuan ibu nifas di Bidan Praktek Swasta XX tentang perawatan payudara pada masa nifas pada tingkat tahu adalah cukup baik. Dan tingkat pengetahuan ibu nifas tentang perawatan payudara pada masa nifas pada tingkat paham  adalah cukup baik.

      Kesimpulan yang dapat ditarik dari tingkat pengetahuan ibu nifas di Bidan Praktek Swasta XX tentang perawatan payudara pada masa nifas adalah lebih dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan usia. Sebagai tenaga kesehatan yang profesional, maka diharapkan Bidan dapat meningkatkan kesadaran dan kemauan ibu nifas untuk melakukan perawatan payudara dengan cara memberikan penyuluhan pada saat datang periksa kehamilan sehingga setelah melahirkan ASI dapat langsung diberikan, dan laktasi dapat berjalan dengan lancar serta ASI dapat dapat diberikan secara maksimal.

 

 

 

 

 

Kode file : K295

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 30.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)