Rabu, 08 Juni 2011

Hubungan Status Gizi dengan Pencapaian Motorik Milestone Anak Umur 3-18 Bulan Di Wilayah Kerja Posyandu Melati Desa XX

Periode yang sangat penting dalam tumbuh dan kembang anak adalah masa balita karena pada masa ini merupakan pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Menurut hasil survei yang dilakukan World Vision dan AKZI Surabaya terhadap 652 balita menunjukkan bahwa 79,1% tingkat asupan energinya kurang dan hanya 20,9% yang tingkat asupan energinya tergolong cukup. Sedangkan tingkat asupan proteinnya 59,6% tergolong cukup dan 40,0% kurang. KEP sebagai salah satu masalah gizi utama yang terjadi pada balita sangat berpengaruh pada proses tumbuh dan kembang anak (Husaini, dkk. 2003). Bila keadaan tersebut tidak segera diperbaiki tentunya akan berpengaruh pada status gizi dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara status gizi dengan pencapaian motorik milestone anak umur 3-18 bulan.

Penelitian ini menggunakan disain Analitik Korelasi yang bertujuan menganalisa hubungan 2 variabel yaitu variabel status gizi dan variabel pencapaian motorik milestone. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua anak umur 3-18 bulan yang memenuhi persyaratan kriteria inklusi yang berjumlah 20 orang anak dan dengan menggunakan total populasi sampling, sampel yang digunakan sebanyak 20 orang anak.

Berdasarkan hasil uji statistik Corelation Spearman Rank diperoleh nilai rho hitung = 0,627068, rho tabel dengan taraf kesalahan 5% = 0,450 dan rho tabel dengan taraf kesalahan 1% = 0,591. perhitungan ini menunjukkan bahwa nilai rho hitung > nilai rho tabel baik untuk taraf kesalahan 5% maupun taraf kesalahan 1%. Dengan demikian penelitian ini menerima H1 yang membuktikan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara Hubungan Status Gizi dengan Pencapaian Motorik Milestone Anak Umur 3-18 Bulan

 

 

 

 

 

Kode file : K298

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (Kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 70.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)