Jumat, 24 Juni 2011

Tingkat Pengetahuan Pasangan Usia Subur Tentang Kontrasepsi Alamiah Kalender Di BPS XX

Hasil perkiraan  Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia krisis ekonomi tahun 2007 menyebabkan  terjadinya kemiskinan meningkat dari 19% menjadi 38,4%. Hal ini merupakan indikator penurunan kualitas sumber daya manusia, daya beli  dan pemenuhan kebutuhan, khususnya pemenuhan keluarga berencana pada pasangan  usia subur tidak sesuai dengan target yaitu hanya 8% dimana target yang ingin dicapai adalah 1,3%. Ini disebabkan karena keterbatasan dana dan alat kontrasepsi, sehingga pemerintah mencanangkan program keluarga berencana alternatif yang paling akhir dipilih, salah satunya kontrasepsi alamiah kalender. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan pasangan usia subur tentang kontrasepsi alamiah kalender pada tingkat tahu dan paham.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sampel yang digunakan sebanyak 25 responden yang diambil dari populasi sebanyak 118 responden dengan cara simple random sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi,  kemudian dilakukan  pengambilan sampel dengan cara lotre disetiap RT dan diambil sebanyak 5 orang.   

Hasil penelitian ini  didapatkan bahwa tingkat pengetahuan pada tingkat tahu 44% berpengetahuan kurang baik dan pada tingkat paham 40%  yang mempunyai  pengetahuan tidak baik. Dalam kenyataannya, tidak ada keterkaitan antara pengetahuan pada tingkat tahu dan paham. Karena seseorang yang berpengetahuan kurang baik, maka pemahamannya juga tidak baik atau sebaliknya pemahamannya baik tetapi pengetahuannya cukup baik. Hal ini dapat dipengaruhi oleh pengalaman dan penyuluhan. Oleh sebab itu diharapkan Pasangan Usia Subur dapat meningkatkan pengetahuan tentang kontrasepsi terutama kontrasepsi alamiah kalender dengan menerima penyuluhan dari tenaga kesehatan, memilih kontrasepsi alamiah kalender sebagai kontrasepsi alternatif, serta calon peneliti  selanjutnya lebih mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan sampel serta memperbaiki kuesioner dengan uji validitas.  

 

 

Kode file : K305

File skripsi ini meliputi :

-          Daftar isi dll

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge : Rp. 50.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)