Jumat, 06 Mei 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Kapsul Iodium Di Polindes XX

Kapsul Iodium merupakan salah satu zat gizi penting  terutama bagi hamil untuk perkembangan janinnya. Akan tetapi tidak semua ibu hamil menyadari akan pentingnya kapsul iodium bagi dirinya maupun janinnya karena pengetahuannya tentang kapsul iodium masih kurang. Hal ini dilatarbelakangi oleh masih kurang meratanya sosialisasi kapsul iodium. Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk  mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kapsul iodium di Polindes XX pada tingkat tahu dan paham.

Adapun desain penelitian ini adalah deskriptif, cara pengambilan sampel dilakukan dengan cara quota sampling, populasi penelitian ini semua ibu hamil yang ada di wilayah Polindes Pulungdowo kecamatan Tumpang kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 17 Februari sampai 20 September 2006 di Polindes XX.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu hamil yang tergolong pada tingkat tahu dengan kategori baik sebanyak 4 orang dengan persentase 16%, cukup baik sebanyak 18 orang dengan persentase 72%, kurang baik sebanyak 3 orang dengan persentase 12%, sedangkan yang menunjukkan tingkat pengetahuan ibu hamil dalam tingkat paham adalah pada kategori baik sebanyak 2 orang dengan persentase 8%, cukup baik sebanyak 12 orang dengan persentase 48%, kurang baik sebanyak 10 orang dengan persentase 40%, dan tidak baik sebanyak 1 orang  dengan persentase 4%.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan ibu hamil tentang kapsul iodium pada tingkat tahu dan tingkat paham seimbang. Adapun saran dari penelitian ini yaitu lebih meningkatkan pengetahuan tentang kapsul iodium dengan memberikan penyuluhan tentang kapsul iodium pada ibu hamil saat melakukan ANC di Polindes XX. 

 

 

 

Kode file : K284

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)