Jumat, 06 Mei 2011

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Tentang Penanganan Ikterus Neonatorum Fisiologis di Bidan Praktek Swasta XX

            Ikterus ialah suatu gejala yang sering ditemukan pada bayi baru lahir. Berdasarkan dari penjajakan Praktek Kebidanan Lapangan di BPS XX yaitu pada bulan Januari 2006 menunjukkan angka kejadian Ikterus Neonatorum Fisiologis sebesar 40 % dari 48 jumlah persalinan. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 48 responden dan cara pengambilan sampel menggunakan total populasi sampling. Variabel bebas penelitian adalah tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan ikterus neonatorum fisiologis. Variabel terikat adalah sikap ibu tentang penanganan ikterus neonatorum fisiologis.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pada tingkat tahu 33,3 % dengan kriteria kurang baik, 18,8 % dengan kriteria tidak baik dan pada tingkat paham 41,7 % dengan kriteria kurang baik dan 4,2 % dengan kriteria tidak baik. Sedangkan sikap responden sebagian besar negatif (62,5 %) dan positif sebanyak 18 %. Terdapatnya hubungan antara tingkat pengetahuan baik pada tingkat tahu maupun paham dengan sikap ibu tentang penanganan ikterus neonatorum fisiologis di BPS XX yang dibuktikan dengan uji chi square pada a = 0,05 dan menghasilkan signifikansi 0,0001 pada tingkat tahu dan 0,0001 pada tingkat paham.

Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang penanganan ikterus neonatorum fisiologis pada tingkat tahu dan paham yaitu kurang baik dan sebagian besar sikap ibu adalah negatif. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap ibu dalam penanganan ikterus neonatorum fisiologis dan diharapkan bidan mampu memberikan penjelasan disertai dengan gambar tentang ikterus neonatorum fisiologis khususnya penanganannya. 

 

 

 

Kode file : K285

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (Kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 60.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)