Minggu, 08 Mei 2011

Pengaruh Pemberian Terapi Birth Ball Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Ibu Inpartu Kala I Fase Aktif di Polindes XX


Nyeri persalinan merupakan suatu proses fisiologis yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam persalinan. Nyeri persalinan perlu diatasi karena semakin lama nyeri bisa menyebabkan stress dan ketakutan sehingga akan meningkatkan sekresi adrenalin yang berperan dalam konstriksi pembuluh darah. Akibatnya aliran darah ke uterus berkurang, uterus iskemik dan semakin nyeri. Nyeri semakin bertambah tanpa diikuti pembukaan serviks, sehingga dapat memperpanjang persalinan. Salah satu metode pengurangan nyeri adalah birth ball. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian terapi birth ball terhadap penurunan intensitas nyeri ibu inpartu kala I fase aktif di Polindes XX.
Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental one group pre test post test dengan time series dengan populasinya adalah seluruh ibu inpartu di polindes XX yaitu 29 ibu inpartu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 15 ibu inpartu kala I fase aktif. Terapi birth ball dilakukan dengan cara responden duduk di atas bola, berlutut atau berdiri sambil memeluk bola pada saat his. Pengukuran nyeri menggunakan skala nyeri VDS dan uji analisa data dengan Wilcoxon Sign Rank Test. Intensitas nyeri diukur 3 kali setiap 10 menit sebelum dan sesudah perlakuan ketika  timbul his.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 responden setelah dilakukan terapi birth ball sebanyak 10 responden (66,7%) mengalami penurunan intensitas nyeri dan 5 responden (33,3%) tidak mengalami perubahan intensitas nyeri. Dari hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test , didapatkan z hitung 3,162 dimana z tabel 1,96 dengan taraf signifikansi 0,002. Sehingga z hitung > z tabel jadi kesimpulannya Ha diterima yang berarti ada pengaruh pemberian terapi birth ball terhadap penurunan intensitas nyeri ibu inpartu kala I fase aktif.



Kode file : K286
File skripsi ini meliputi :
-          Bagian depan (daftar isi, dll)
-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran2 (Protap Birthball, Lembar observasi, master table, dll)

Bentuk file : Ms.word
Donasi : Rp. 150.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)