Senin, 02 Mei 2011

Perbedaan percepatan kesembuhan luka perineum antara perawatan menggunakan dan tanpa kompres antiseptik (Povidone-Iodine)

Pada ibu bersalin sering kali terjadi luka pada jalan lahir, di antaranya luka pada daerah perineum. Dengan adanya luka perineum ini akan sangat rentan sekali untuk terjadi infeksi, karena pada daerah genetalia merupakan media yang baik sebagai tempat masuknya kuman, apalagi kalau terjadi luka. Perawatan luka pada daerah perineum dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan memberikan kompres antiseptik yaitu kasa steril yang diberi antiseptik lalu ditempel pada daerah luka. Sementara perawatan tanpa menggunakan kompres antiseptik yaitu pada penanganan pertama diberi kompres dan untuk penanganan selanjutnya dengan melakukan hygiene personal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecepatan kesembuhan pada kedua prosedur perawatan tersebut.

Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan jenis praeksperimental. Sampel diambil dari populasi ibu nifas dengan luka perineum yang melahirkan di 2 lokasi Bidan Praktek Swasta di wilayah Malang yaitu Bidan Naumiati dan Bidan Budi Winarti, sebanyak 30 orang dengan pembagian 15 orang untuk perawatan menggunakan kompres, dan 15 orang perawatan tanpa kompres. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi sampling. Data ini diolah dengan menggunakan uji chi square, dengan tingkat kemaknaan adalah nilai a  0,005.

Dari hasil pengolahan data didapatkan nilai c2 hitung = 5,662 yang nilainya lebih besar dari χ2 tabel (3,841) sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan antara perawatan menggunakan dan tanpa kompres antiseptik (Povidone-Iodine). Hal ini dapat diduga dari cara kerja antiseptik (Povidone-Iodine) sebagai bakteriostatis yang mencegah infeksi sehingga penyembuhan luka tidak terhambat.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi kebijakan perawatan dan pengawasan ibu nifas dengan luka perineum dalam pemenuhan gizi selama masa nifas yang sangat berpengaruh terhadap proses kesembuhan luka.

 

 

 

Kode file : K277

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.Word

Donasi : Rp. 40.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)