Jumat, 13 Mei 2011

Hubungan Antara Umur Saat Pemberian Kontrasepsi, Lama Pemberian Kontrasepsi Dan Keharmonisan Hubungan Dengan Suami Dengan Penurunan Libido Pada Akseptor Kb Suntik 3 Bulanan

Penurunan libido pada akseptor KB suntik meskipun jarang terjadi tetapi pada pemakaian jangka panjang dapat timbul karena faktor perubahan hormonal, pengeringan pada vagina yang menyebabkan nyeri saat bersanggama dan pada akhirnya menurunkah gairah seksual. Apabila penurunan libido terjadi sebagai akibat penggunaan kontrasepsi KB suntik, maka diperlukan upaya-upaya untuk menanggulanginya, karena metode ini paling banyak digunakan oleh masyarakat. Melihat uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan antara umur saat pemberian kontrasepsi, lama pemberian kontrasepsi dan keharmonisan hubungan dengan suami dengan penurunan libido pada akseptor KB Suntik 3 bulanan.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2010. Data dianalisa menggunakan rumus regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa secara bersama-sama variabel umur saat pemberian kontrasepsi, lama pemberian kontrasepsi dan keharmonisan hubungan dengan suami mempunyai hubungan yang signifikan dengan penurunan libido pada akseptor KB Suntik 3 bulanan. Faktor keharmonisan hubungan dengan suami merupakan faktor paling dominan baik secara sendiri maupun secara bersama-sama terhadap penurunan libido pada akseptor KB Suntik 3 bulanan. Peneliti menyarankan agar penelitian ini dilanjutkan dengan mengkaji akseptor yang telah menggunakan KB Suntik lebih dari 5 tahun untuk mengetahui pengaruh yang lebih bermakna.

 

 

 

Kode file : K216

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (Kuesioner, lembar observasi, master table, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 125.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)