Senin, 23 Mei 2011

Gambaran Tingkat Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap Bidan Tentang Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Donomulyo Kabupaten Malang


 Inisiasi menyusu dini adalah prose alami dimana bayi dibiarkan menyusu sendiri segera setelah lahir dalam satu jam pertama awal kehidupannya. Proses yang hanya memakan waktu satu jam tersebut berpengaruh pada bayi seumur hidup. Inisiasi menyusu dini dinyatakan membantu menekan angka kematian bayi baru lahir hingga 22%. Inisiasi menyusu dini merupakan ilmu pengetahuan yang masih baru dan belum semua tenaga kesehatan yang menolong persalinan melakukannya dengan benar. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitan tentang Gambaran Tingkat Pendidikan,Pengetahuan dan Sikap Bidan tentang Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Donomulyo Kabupaten Malang, tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap bidan tentang inisiasi menyusu dini.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah bidan yang ada di Puskesmas Donomulyo sejumlah 15 orang. Pada penelitian ini digunakan metode total populasi sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan ceklis.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa bidan yang bekerja di Puskesmas Donomulyo dan menjadi sampel 26.7% berusia 20-25 tahun, 33,3% usia 26-30 tahun, 40% usia > 35 tahun. Tingkat pendidikan P2B 33,3%, D3 Kebidanan 53,3%, D4 Kebidanan 13,3% dan tingkat pengetahuan baik 86,7%, cukup 13,3%, sedangkan sikap bidan yang positif terhadap pelaksanaan IMD sebanyak 40%, yang bersikap negatif sebanyak 60%. Kesimpulannya adalah sikap bidan terhadap pelaksanaan inisiasi menyusu dini masih kurang mendukung. Sikap bidan yang kurang mendukung terhadap inisiasi menyusu dini ini karena masih kurangnya pengalaman, kurang ketelatenan atau kesabaran bidan terhadap pelaksanaan inisiasi menyusu dini karena proses inisiasi menyusu dini membutuhkan waktu yang lama. Selain itu juga belum ada kebijaksanaan atau peraturan yang mewajibkan untuk pelaksanaan inisiasi menyusu dini bidan lebih meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pelaksanaaninisiasi menyusu dini. Bagi Kepala Puskesmas untuk memberikan kebijaksanaan atau peraturan yang mewajibkan semua bidan atau tenaga kesehatan yang menolong persalinan melakukaninisiasi menyusu dini.

 

 

 

 

 

Kode file : K287

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (Kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 100.000,-




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)