Senin, 16 Mei 2011

Hubungan kondisi bayi baru lahir, kondisi fisik ibu saat melahirkan, kondisi psikis ibu saat melahirkan dengan waktu mulainya inisiasi menyusu dini


Keberhasilan inisiasi menyusu dini dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah kondisi bayi baru lahir. Jika bayi lahir dengan APGAR SCORE normsl maka tidak ada kendala untuk segera mengawali IMD. Faktor lainya adalah kondisi fisik dan psikis ibu. Jika ibu tidak siap secara fisik atau psikis maka keberhasian IMD patut dipertanyakan.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Adapun jumlah sampel yang dipakai sebanyak 30 orang yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2010. Data dianalisa menggunakan rumus regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan Hubungan variabel independen kondisi bayi baru lahir, kondisi fisik ibu saat melahirkan, kondisi psikis ibu terhadap waktu mulainya inisiasi menyusu dini di wilayah kerja Puskesmas XX secara bersama-sama/simultan terbukti kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan oleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (261,811 > 2,98). Kontribusi sumbangan variabel dependenya dapat dilihat dari koefisien determinan (R²) sebesar 0,968 yang berarti  96,8% varians skor  variabel waktu mulainya inisiasi menyusu dini di pengaruhi oleh kondisi bayi baru lahir, kondisi fisik ibu saat melahirkan, kondisi psikis ibu saat melahirkan secara simultan/bersama-sama dan sisanya 0,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hubungan variabel independen kondisi bayi baru lahir, kondisi fisik ibu saat melahirkan, kondisi psikis ibu terhadap waktu mulainya inisiasi menyusu dini secara sendiri-sendiri/partial  terbukti kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan oleh p (signifikansi) masing-masing variabel kondisi bayi baru lahir 0,000, kondisi fisik ibu saat melahirkan 0,003 dan kondisi psikis ibu saat melahirkan 0,049 adalah kurang dari p=0,05.

 

 

 

 

Kode file : K220

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran2 (Kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Charge : Rp. 125.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)