Jumat, 06 Mei 2011

Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan di Puskesmas PT XX

Tumbuh kembang merupakan hal utama, hakiki dan khas pada anak. Tumbuh adalah proses bertambahnya ukuran atau dimensi akibat bertambahnya jumlah atau ukuran sel dan jaringan interseluler. Kembang (berkembang) adalah proses pematangan atau maturasi fungsi organ tubuh termasuk berkembangnya kemampuan mental intelegensi serta perilaku anak. Di Puskesmas Kendalsari Malang banyak ditemukan bayi dengan berat badan lahir rendah (35%) dan bayi obesitas (23.6%). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan ibu tentang pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 0-12 bulan.

Penelitian dilaksanakan dengan rancangan deskripsi. Sampel penelitian sebesar 48 responden, yang diperoleh dengan menggunakan cara accidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan tentang pertumbuhan dan perkembangannya pada tingkat tahu dan paham. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Kendalsari Malang pada tanggal 1 april sampai 12 agustus 2006.

Hasil penelitian tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang bayi usia 0-12 bulan pada tingkat tahu adalah kategori baik 56,25% sedangkan pada tingkat paham, tingkat pengetahuan responden pada kategori baik sebesar 33,33%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ibu-ibu yang mempunyai bayi usia 0-12 bulan sebenarnya sudah banyak yang mengetahui tentang tumbuh kembang bayi usia 0-12 bulan tetapi mereka belum dapat memahami yaitu sebagai kemampuan untuk menjelaskan secara benar tentang tumbuh kembang bayi yang diteliti dan menginterpretasikan hal tersebut secara benar.

 

 

 

Kode file : K283

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

-          Lampiran (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 60.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)