Jumat, 06 Mei 2011

Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Perawatan Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir di Bidan Praktek Swasta PT XX

Kemampuan pelayanan kesehatan suatu negara ditentukan dengan perbandingan tinggi rendahnya angka kematian ibu dan angka kematian perinatal.Dalam melakukan perawatan terutama perawatan tali pusat, membutuhkan kesabaran dan pengetahuan tentang perawatan yang benar. Kurangnya pengetahuan ibu dalam merawat dirinya dan bayinya menyebabkan tingkat kematian yang tinggi. Dari hasil studi pendahuluan pada bulan Maret 2006 di Bidan Praktek Swasta XX terdapat 12 ibu yang mempunyai bayi, diketahui sebagian kecil (41,66%) ibu belum mengerti tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir.

Desain penelitian ini  adalah deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir pada tingkat tahu dan paham di Bidang Praktek Swasta XX. Populasi  penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi umur 0-12 bulan dan yang datang memeriksakan bayinya. Sampel yang digunakan adalah ibu yang mempunyai bayi umur 0 – 12 bulan dan yang datang memeriksakan bayinya yang berada di BPS tersebut  yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan accidental sampling.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir pada tingkat  tahu baik 56,7%, cukup baik 30%, kurang baik 13,3%. Sedangkan tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir pada tingkat paham baik 33,3%, cukup baik 46,7%, kurang baik 20%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan, pekerjaan, usia dan penyuluhan dari petugas kesehatan. Saran dari penelitian ini adalah agar lebih meningkatkan pemberian informasi, pengetahuan, dan memotivasi kepada ibu untuk menggalkan pelaksanaan perawatan tali pusat pada bayi  baru lahir yang berkunjung di Bidang Praktek Swasta tersebut sehingga pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat pada bayi baru lahir dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

 

 

 

Kode file : K282

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar Pustaka

 

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 40.000,-


2 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)