Minggu, 30 Januari 2011

Asuhan Kebidanan pada NY”R” usia 53 tahun dengan Menometrorrhagia

            Tidak sedikit perempuan yang bermasalah saat menstruasi. Mulai dari darah menstruasi yang terlalu sedikit, menstruasi yang datang terlambat sampai nyeri perut yang luar biasa. Secara klinis gangguan tersebut timbul karena siklus menstruasi melibatkan hormon penting dalam tubuh yang sangat rentan mengalami masalah.  Salah satu keluhan yang sering dialami perempuan adalah volume darah menstruasi yang berlebihan. Dalam istilah medis kondisi ini disebut menometrorrhagia atau menorrhagia

.Schroder pada tahun 1915, setelah penelitian histopatologik pada uterus dan ovarium pada waktu yang sama, menarik kesimpulan bahwa gangguan perdarahan yang dinamakan menorrhagia haemoragika terjadi karena persistansi folikel yang tidak pecah sehingga tidak terjadi ovulasi dan pembentukan korpus luteum.  Akibatnya terjadilah hyperplasia endometrium karena stimulasi estrogen yang berlebihan dan terus-menerus. Penjelasan ini masih dapat diterima untuk sebagian besar kasus-kasus perdarahan disfungsional.Perdarahan uterus disfungsional merupakan diagnosis penyingkiran dimana penyakit lokal dan sistemik harus disingkirkan.Sekitar 50% dari klien sekurang-kurangnya berumur 40 tahun, sekitar 20% yang lain adalah remaja putri karena ini merupakan saat – saat dimana siklus anovulatori lebih sering ditemukan.                                        

            Oleh karena itu penulis mengambil kasus ini karena memerlukan penanganan asuhan kebidanan secara komprehensif yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan ibu dengan pola perdarahan abnormal pada menstruasi.

 

 

Kode File : Z004
File STUDI KASUS ini meliputi :
• Daftar isi
• Bab 1-5 lengkap (Pendahuluan s/d Penutup)
• Daftar Pustaka


Bentuk file : Ms.Word (Doc)
Donasi : Rp. 30.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)