Sabtu, 08 Januari 2011

Hubungan pengetahuan dengan motivasi kunjungan masyarakat ke Posyandu Lansia


Peningkatan populasi lansia mendorong pemerintah untuk merumuskan berbagai kebijakan dan pelayanan kesehatan usia lanjut, ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia dalam mencapai masa tua bahagia dan berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat sesuai dengan keberadaannya. Sebagai wujud nyata pelayanan sosial dan kesehatan pada kelompok usia lanjut ini, pemerintah telah mencanangkan pelayanan pada lansia melalui beberapa jenjang. Pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat adalah Posyandu lansia, pelayanan kesehatan lansia tingkat dasar adalah Puskesmas, dan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan adalah Rumah Sakit.
Pelayanan kesehatan di posyandu lanjut usia meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Jenis pelayanan kesehatan yang diberikan di posyandu lansia antara lain pemeriksaan aktifitas kegiatan sehari-hari, pemeriksaan status mental, pemeriksaan status gizi, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan hemoglobin, kadar gula dan protein dalam urin, pelayanan rujukan ke puskesmas dan penyuluhan kesehatan. Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi lansia berkaitan dengan adanya perubahan fisik akibat proses penuaan (aging process) seperti  Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran.
Namun fenomena di lapangan menunjukkan fakta yang berbeda. Hasil pengamatan tentang pemanfaatan posyandu lansia masih sangat rendah. Kondisi seperti ini juga terjadi di  Kelurahan XX. Menurut data statistik jumlah lansia di wilayah kecamatan Argomulyo adalah 4000 orang, namun demikian jumlah lansia yang aktif dalam kegiatan posyandu lansia hanya 700 orang. Sedangkan di Posyandu lansia di Dukuh Tetep Wates memiliki anggota yang terdaftar dalam register posyandu sebanyak 117 orang hingga akhir Desember 2008, namun pada pendataan bulan Maret 2009 jumlah peserta yang hadir hanya 67 orang (Data Puskesmas XX, 2007). Hal tersebut menunjukkan bahwa  minat dan motivasi masyarakat untuk datang ke posyandu sangat rendah.
Faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau berkunjung ke Posyandu bisa berasal dari dalam diri orang itu sendiri (faktor Predisposisi) dan dari luar orang itu sendiri (faktor Pemungkin dan faktor Penguat). Salah satu faktor Predisposisi adalah pengetahuan. Faktor pengetahuan masyarakat yang baik mempunyai pengaruh yang besar terhadap peningkatan status kesehatan seseorang, sedangkan pengetahuan masyarakat yang buruk dapat menyebabkan kegagalan dalam peningkatan status kesehatannya  (Arif Budiwan, 2004). Melihat sedikitnya jumlah kunjungan lansia di posyandu tersebut, penulis mencoba menggali data terhadap 10 lansia yang tidak hadir di posyandu pada bulan Maret 2009. Dari hasil wawancara yang menggali pengetahuan masyarakat tentang keberadaan posyandu serta manfaat posyandu lansia, diketahui bahwa semua responden sudah mengetahui keberadaan posyandu, tetapi hanya 3 orang yang dapat menyebutkan dengan benar manfaat posyandu lansia, sedangkan sisanya (7 orang) tidak mengetahui tentang manfaat posyandu lansia.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis ingin mengidentifikasi lebih lanjut tentang hubungan pengetahuan dengan motivasi kunjungan masyarakat ke Posyandu Lansia di Kelurahan XX. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, jumlah sampel sebesar 92 orang, instrumen berupa kuesioner, data diuji dengan rumus Spearman rank pada taraf kesalahan 5%.



Kode File : K237

File skripsi ini meliputi :
  • Bab 1-5 lengkap (Pendahuluan s/d penutup)
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran kuesioner, dll
bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 70.000,-

1 komentar:

  1. Assalamualaikum.......
    ka....minta tolonk kirim judul yang ini :
    Hubungan pengetahuan dengan motivasi kunjungan masyarakat ke Posyandu Lansia Kode File : K237
    * Bab 1-5 lengkap (Pendahuluan s/d penutup)
    * Daftar Pustaka
    * Lampiran kuesioner, dll

    ke alamat email : eztha_diva@yahoo.com
    kalo ada Hubungan status ekonomi dengan motivasi lansia datang ke posyandu lansia sekalian ya ka......

    terima kasih ka....saya tunggu

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)