Sabtu, 22 Januari 2011

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan bayi (0-6 bulan) yang diberikan MP-ASI dan yang mendapat ASI Ekslusif

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik dan alamiah untuk bayi. Menyusui merupakan suatu proses alamiah dan merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bayi guna mencapai tumbuh kembang bayi/anak yang optimal. Sejak lahir bayi hanya diberi ASI saja hingga usia 6 bulan yang disebut ASI Eksklusif. Mengingat pentingnya ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan yang optimal,baik fisik,mental maupun kecerdasannya,maka pelaksanaan pemberian ASI atau manajemen laktasi perlu mendapatkan perhatian agar dilaksanakan dengan benar. Pemberian ASI Eksklusif segera setelah bayi lahir tanpa pemberian makanan pendamping ASI sampai umur 6 bulan,selanjutnya bersama MP-ASI yang cukup dalam jumlah maupun mutunya ASI diteruskan sampai umur 2 tahun.
Pemberian MP-ASI yang terlalu dini (sebelum bayi berumur 6 bulan) dapat berpengaruh terhadap penurunan konsumsi ASI, sehingga keadaan akan memburuk dan menimbulkan hilangnya zat gizi, jika memberikan makanan padat sebelum usia 6 bulan, maka makanan tidak akan dapat dicerna dengan baik. Hal tersebut malah akan dapat menimbulkan reaksi yang kurang menyenangkan pada tubuh si kecil, misalnya terjadi gangguan pencernaan, timbulnya gas, konstipasi, batuk, diare, kolik dan lain sebagainya.
Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan penggunaan ASI Eksklusif baik dengan cara penyuluhan di posyandu-posyandu maupun pendekatan-pendekatan khususnya kepada para ibu-ibu yang mempunyai bayi. Mengingat kedudukan ibu sangat berperan terhadap kesehatan dan gizi termasuk kelangsungan dan kualitas hidup si anak dikemudian hari pada masa remaja dan dewasa, maka pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dini turut menentukan masalah kesehatan dan Gizi.


Kode File : K238

File skripsi ini meliputi :
* Daftar isi
* Bab 1-5 lengkap (Pendahuluan s/d penutup)
* Daftar Pustaka
* Lampiran kuesioner, dll

Bentuk file : Ms.Word
Donasi : Rp. 70.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)