Jumat, 14 Mei 2010

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Primigravida tentang cara Penanganan Ketidaknyamanan pada Kehamilan Trimester I

Pendidikan kesehatan merupakan suatu upaya atau kegiatan menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif untuk kesehatan. Artinya, pendidikan kesehatan berupaya agar seseorang menyadari atau mengetahui bagaimana cara memelihara kesehatan mereka, bagaimana menghindari atau mencegah hal-hal yang merugikan kesehatan, kemana harus mencari pengobatan bila sakit, dan sebagainya. Kesehatan bukan hanya untuk diketahui atau disadari dan disikapi, melainkan harus dikerjakan atau dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berarti tujuan akhir dari pendidikan kesehatan adalah agar individu dapat mempraktikkan hidup sehat bagi dirinya sendiri dan bagi masyarakat, atau dapat berperilaku hidup sehat (health life style).

Perubahan fisik maupun perubahan hormonal pada setiap kehamilan dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan pada ibu hamil, yang akan menimbulkan keluhan ringan sampai yang berat. Ada beberapa ibu hamil yang sangat peka dan menganggap perubahan ini sebagai tanda kehamilan yang menyenangkan, tetapi ada pula yang merasakan hal ini sebagai suatu masalah.

Mual, kepala pusing, lelah, sampai muntah-muntah adalah masalah umum yang biasa dihadapi ibu hamil pada masa awal kehamilan. Gangguan atau ketidaknyamanan pada kehamilan ini biasanya disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor hormonal dan faktor variasi kejiwaan. Mual yang terjadi pada masa awal ibu hamil terjadi akibat perubahan hormon estrogen dan progesteron yang meningkat selama kehamilan dan memengaruhi fungsi organ-organ tubuh, termasuk fungsi lambung. Produksi asam lambung yang meningkat memicu timbulnya perasaan mual dan kerap dibarengi muntah.

Faktor psikologis dan aspek emosi memegang kendali pada kejadian mual (emesis gravidarum) pada graviditas yang berbeda (Rusdhy A, 2003). Hal itu bisa dijelaskan sebagai berikut. Setiap orang memiliki  respons yang berbeda terhadap diagnosis kehamilan. Bagi sebagian wanita mungkin timbul perasaan gembira yang sangat dengan kehamilan yang sudah direncanakan, tetapi bagi sebagian lainnya yang belum siap, kehamilan dapat menjadi peristiwa yang mengejutkan dan bahkan menimbulkan keputusasaan  karena mendengar berita tersebut dan membayangkan masalah sosial serta finansial yang harus ditanggungnya. Dengan adanya respon yang berbeda tersebut akan memunculkan masalah dan ketidaknyamanan umum pada kehamilan yaitu emesis gravidarum.

Kode Skripsi : K190

File skripsi ini meliputi :

  1. Bagian Depan (Daftar isi, dll)

  2. Bab 1-5 (Pendahuluan s/d Penutup)

  3. Daftar Pustaka

  4. Lampiran-lampiran (Instrumen, analisis data, dll)


Bentuk file : Ms.word (.doc)

Donasi : Rp. 125.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)