Jumat, 21 Mei 2010

Pengaruh Pemakaian Kontrasepsi Implant Terhadap Keteraturan Siklus Menstruasi.

Kontrasepsi implant merupakan salah satu kontrasepsi yang didiminati akseptor KB. Berdasarkan data dari Puskesmas Jabung Kabupaten Malang, diketahui bahwa jumlah akseptor KB implant pada tahun 2008 terdapat 5,7% dan pada tahun 2009 meningkat menjadi 6,6%. Jumlah akseptor KB pada bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2008 terdapat 437 akseptor dengan data sebagai berikut : kontrasepsi suntik 265 orang (57,6%), kontrsepsi pil 102 orang (21,3%), kontrasepsi IUD 50 orang (11,4%), kontrasepsi Implant 12 orang (5,7%) dan kontrasepsi mantap 8 orang (1,8%).
Mengingat jumlah akseptor KB implant cukup banyak, maka perlu diwaspadai dan diantisipasi kemungkinan resiko efek samping yang dapat terjadi. Efek samping tersebut antara lain perdarahan lebih banyak dari pada haid biasanya, pusing atau rasa mual yang hebat, terjadi penambahan berat badan yang menyolok, dan terjadi kelambatan haid. Implant adalah kontrasepsi hormonal yang memiliki bentuk kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36 mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun.
Ketidakteraturan siklus menstruasi memang merupakan salah satu efek samping dari kontrasepsi implant. Hal ini umumnya terjadi pada bulan pertama pemakaian dan berlangsung selama 3-12 bulan. Setelah 1 tahun, sekitar 1/3 dari wanita yang menggunakan implant tidak mengalami siklus menstruasi sama sekali






Kode File : K198
File skripsi ini meliputi
- Bagian depan (Daftar isi, daftar tabel, dll)
- Bab I – V (pendahuluan – penutup) lengkap
- Daftar pustaka
- Lampiran2 : instrumen, pengolahan data,dll


Bentuk file : Ms. WORD
Donasi : Rp. 100.000,-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)