Minggu, 18 Desember 2011

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap mutu layanan maternal dalam rangka mendukung Millennium Development Goals di RS XX

Indonesia termasuk negara yang sangat concern merealisasikan capaian 8
butir sasaran tadi. MDGs telah menjadi referensi penting pembangunan
di Indonesia. Mulai dari tahap perencanaan seperti yang tercantum pada
Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) hingga pelaksanaannya di
bawah komando Bappenas. Walaupun mengalami berbagai kendala namun
pemerintah memiliki komitmen untuk mencapai sasaran-sasaran ini dan
dibutuhkan kerja keras serta kerja sama dengan seluruh pihak. Termasuk
masyarakat madani, pihak swasta, dan lembaga donor. Namun pemerintah
menengarai bahwa ada tiga sasaran yang dimungkinkan gagal
pencapaiannya pada tahun 2015. Kemungkinan itu ditunjukan lewat angka
kematian ibu melahirkan yang masih tinggi, pencegahan HIV/ AIDS yang
belum maksimal, dan peremajaan lingkungan hidup yang tidak optimal.
Berbagai upaya pembangunan terutama di bidang kesehatan telah
dijalankan bersama, namun kita masih menghadapi beberapa kenyataan
yang cukup menyedihkan dimana AKI tetap masih yang tertinggi di
wilayah Asia Tenggara. Rumah Sakit XX merupakan lembaga pelayanan
kesehatan swasta yang turut mendukung tercapainya pembangunan
kesehatan regional, nasional maupun global. Salah satu program yang
dicanangkan untuk turut mendukung MDGs adalah mutu layanan maternal,
meliputi pelayanan kesehatan ibu hamil, pelayanan kesehatan ibu
bersalin dan nifas, serta pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga
berencana. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran tingkat
kepuasan masyarakat terhadap mutu layanan maternal.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Jumlah sampel sebanyak
36 responden yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner yaitu Instrumen Penelitian
Kepuasan Pasien. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2010.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh responden
menyatakan puas terhadap keandalan, keamanan, empati dan wujud
pelayanan maternal di RS XX, bahkan 100% responden menyatakan puas
terhadap keresponsifan pelayanan maternal di RS XX. Peneliti
menyarankan agar prestasi kerja, kualitas dan mutu pelayanan tetap
dipertahankan dan semakin ditingkatkan, karena persaingan industri
jasa pelayanan kesehatan akan semakin ketat.


Kode file : K329
File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (Abstract, Daftar isi dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka (di atas tahun 2005, 1 pustaka th 1999)
- Lampiran2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge : Rp. 100.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)