guru dituntut merencanakan segala yang berhubungan dengan kegiatan
pembelajaran yang tersusun secara terarah dan sistimatis sehingga pada
apa yang direncanakan terwujud sesuai harapan. Akan tetapi kenyataan
sering menunjukkan walaupun desain pembelajaran telah direncanakan
secara matang dengan pertimbangan dan analisis berbagai hal ,akan
tetapi hasil pembelajaran terkadang tidak sesuai harapan.
Kasus pembelajaran pada siswa kelas V untuk mata pelajaran IPA yang
dialami penulis memberikan kesan bahwa sesungguhnya perencanan awal
pembelajaran sering bertolak belakang dengan kenyataan yang terjadi.
Hal ini dibuktikan dari adanya data analisis hasil evaluasi belajar
siswa untuk setiap ujian formatif mata pelajaran " Ilmu Pengetahuan
Alam " yang sering menunjukkan hasil ketidaktercapaian ketuntasan
belajar dimana dari 15 orang siswa kelas V hanya berkisar 2 sampai 4
orang yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar atau rata – rata
13,33 % siswa yang telah memahami materi yang diajarkan sesuai
perencanaan semula.
Memperhatikan hal telah berbagai upaya yang ditempuh sebagai proses
tindak lanjut hasil pembelajaran dimaksud yang dipandang sebagai suatu
bentuk refleksi terhadap kinerja pembelajaran yang telah dilaksanakan
,antara lain dengan melaksanakan pembelajaran remedial, pemberian
tugas individual, analisis metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran semula, analisis karakteristik alat peraga pembelajaran
yang dikembangkan semula apakah sesuai dengan karakteritik
siswa,materi atau tidak,analisis terhadap karakteristik tingkat
kemampuan siswa terhadap materi pembelajaran.
Upaya lain yang juga dipandang sebagai bentuk analisis kinerja
pembelajaran dengan melalui analisis terhadap pengamatan proses
pembelajaran yang dilaksanakan oleh teman sejawat,serta analisis
kinerja pembelajaran dengan pendekatan konsultatif dengan teman
sejawat dan kepala sekolah untuk memperoleh gambaran dan informasi
tentang bentuk kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan serta
upaya – upaya yang dapat ditempuh sebagai langkah perbaikan proses
pembelajaran dan berbagai upaya lain sehingga pada akhirnya
diterapkanlah suatu bentuk pembelajaran baru sebagai pembaharuan dari
konsep pembelajaran yang telah dilaksanakan namun hasilnya tetap
belum mencapai ketutasan minimal belajar yang ditergetkan yakni tuntas
belajar 76 %
Memperhatikan kenyataan dari berbagai upaya yang telah dilaksanakan
penulis ingin menindaklanjuti masalah pembelajaran ini melalui suatu
penelitian yang lebih spesifik dengan menerapkan suatu model
pembelajaran yang dipandang dapat memberikan solusi terbaik dan
sebagai alur penyelosaian masalah pembelajaran yang telah dilaksanakan
dengan menerapkan Model Pembelajaran Komparasi dalam pembelajaran IPA
dikelas V ( lima ).
Pemilihan Model Pembelajaran Komparasi ini didasari oleh analisis
beberapa hal antara lain :
- Kerangka dasar dalam pembelajaran Model Pembelajaran Komparasi
memungkinkan pelibatkan siswa dan guru dalam proses pemecahan
- masalah pembelajaran, sehingga akan timbul konsep dan keyakinan
belajar siswa tentang apa yang perlu diketahui,dilakukan,diyakini
setelah menyelosaikan pembelajaran
- Mendorong siswa untuk menerapkan pengetahuan atau konsep
pembelajaran yang diterima di luar kelas atau dalam kehidupan sehari –
hari sehingga hal ini merupakan suatu cermin penerapan strategi
pembelajaran berdasarkan analisis kompotensi lokal
- Dapat meningkatkan efisiensi waktu belajar, sehingga dengan demikian
efektifitas belajar akan lebih bermakna terhadap ketercapaian tujuan
pembelajaran
Selanjutnya dasar pertimbangan lain adanya pemilihan Model
Pembelajaran Komparasi dalam mengatasi masalah ketidakcapaian
ketuntasan belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
kelas V ditinjau dari aspek efektifitasnya langkah pembelajaran yang
memungkinkan terjadinya proses pembelajaran bermakna dengan langkah –
langkah pembelajaran sebagai berikut :
- Analisis karakteristik siswa
- Penyusunan kegiatan pembelajaran
- Penyusunan strategi pembelajaran
- Pengurutan pengalaman belajar
- Menyusunan media pembelajaran
- Penyampaian isi/materi pembelajaran
- Penilaian kinerja pembelajaran
- Pelaksanaan proses tindak lanjut
Kode file : G010
File skripsi (PTK) ini meliputi :
- Daftar isi dll
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran2 (RPP, dll)
Bentuk file : Ms.Word
Charge : Rp. 25.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)