penyelenggaraan pendidikan di sekolah dengan memasukkan mata pelajaran
yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Mata pelajaran keterampilan
memiliki fungsi untuk mengembangkan kreativitas, mengembangkan sikap
produktif, mandiri dan mengembangkan sikap menghargai berbagai jenis
keterampilan atau pekerjaan dan hasil karya. Tujuan mata pelajaran
keterampilan tata busana adalah : (1) mendidik peserta didik dengan
keahlian dan keterampilan tata busana, agar dapat bekerja baik secara
mandiri atau bekerja di dunia usaha dan dunia industri, (2) mendidik
peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetensi dan
mengembangkan sikap profesional, serta (3) membekali peserta didik
dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang
berminat untuk melanjutkan pendidikan. Namun demikian, dalam
pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang menyebabkan siswa
merasa sulit mendapatkan hasil belajar yang optimal pada mata
pelajaran keterampilan tata busana.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri XX
sejumlah 293 siswa, dengan sampel sejumlah 100 siswa. Variabel
penelitian adalah kesulitan belajar siswa. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis yang
digunakan adalah teknik deskriptif persentase. Teknik sampling yang
digunakan yaitu random.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar dialami oleh
siswa kelas VIIIB, VIIID, dan VIIIF, dengan rata-rata nilai
keterampilan tata busana masing-masing 6,85; 6,94 dan 6,92. Faktor
yang menyebabkan kesulitan belajar siswa antara lain faktor rendahnya
minat yang dialami oleh 38% siswa, rendahnya bakat keterampilan tata
busana sebanyak 51%, rendahnya motivasi yang dialami 45% siswa, serta
kondisi fasilitas praktek tata busana di sekolah yang masih kurang.
Faktor kesehatan siswa, kemampuan kognitif siswa, dukungan orang tua
dan kondisi masyarakat tidak menyebabkan kesulitan belajar siswa pada
mata pelajaran keterampilan tata busana.
Disarankan pihak sekolah dan guru untuk meningkatkan minat dan
motivasi belajar siswa, misalnya dengan memperbaiki fasilitas belajar
dan praktek siswa, serta menyelenggarakan pembelajaran tata busana
yang menarik bagi siswa. Siswa hendaknya meningkatkan motivasi diri
untuk mengikuti pelajaran tata busana sebagai upaya pengembangan
bakat.
Kode file : G008
File skripsi ini meliputi :
- Abstraks, Daftar isi dll
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
-
Bentuk file : PDF
Charge : Rp. 10.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)