Kamis, 17 September 2009

Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Hamil Tentang Cara Mengatasi Mual Muntah Pada Kehamilan Di Poli Hamil RSX

Salah satu perubahan fisiologis selama kehamilan adalah perubahan hormonal, pada trimester pertama segera setelah konsepsi kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh meningkat, kondisi tersebut dapat menyebabkan mual muntah yang disebut dengan emesis gravidarum. Mual muntah ini umumnya timbul pada pagi hari sehingga sering disebut morning sicknes. Hal ini ditandai dengan munculnya rasa mual berlebihan yang kemudian menyebabkan ibu tak mampu melawan rasa mual tersebut lalu dimuntahkan. Sebagian keluhan mual-mual dan muntah-muntah ini sangat wajar sehingga gangguan selama kehamilan ini dianggap sangat normal bahkan ada yang menjuluki sebagai “bawaan si bayi”. Walaupun ketidaknyamanan yang umum seperti mual muntah dalam kehamilan tidak mengancam keselamatan jiwa namun hal ini sangat tidak nyaman dan menyulitkan bagi ibu dan kalau terjadi berlebihan akan mengganggu aktivitas ibu dan bisa menimbulkan kekurangan cairan dan elektrolit yang disebut dengan hiperemesis gravidarum.

Adapun tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang cara mengatasi mual muntah pada kehamilan.

Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional, dengan sampel penelitian sebagian ibu hamil trimester I yang berjumlah 31 orang yang diambil secara acciental sampling. Variabel penelitian ini adalah variabel independen pengetahuan dan variabel dependen sikap. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji Spearman rank.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden mempunyai pengetahuan dalam kategori baik 46 % (14 orang). 32 % (10 orang) dalam kategori cukup, 19% (6 orang) pengetahuannya kurang, dan pengetahuannya tidak baik 3% (1 orang). Sedangkan sikap sebagian besar 58% (18 orang) ibu hamil memiliki sikap positif tentang cara mengatasi mual muntah pada kehamilan,  dan  sisanya 42% (13 orang) memiliki  sikap negatif. Dari hasil analisis Spearman rank, didapatkan t hitung > harga t tabel, artinya ada hubungan  pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang cara mengatasi mual muntah pada kehamilan. Untuk itu disarankan pada intitusi rumah sakit agar tetap memberikan penyuluhan tentang cara mengatasi mual muntah pada kehamilan.

Kode File : K184

File Skripsi ini terdiri atas :

-         Bab 1 – 5 (pendahuluan – penutup) lengkap

-         Daftar pustaka

-         Kuisioner

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 60.000,-

2 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)