Kamis, 17 September 2009

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Abortus Pada Ibu Hamil di RSUD XX

Abortus adalah ancaman / pengakhiran hasil konsepsi pada usia kehamilan kurang dari 16 minggu dengan hasil konsepsi masih embrio dan plasenta belum selesai / berat janin kurang dari 500 gram. Dari studi pendahuluan yang kami lakukan di RSUD X terdapat 113 kasus abortus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi terjadinya abortus pada ibu hamil. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO / World Health Organization), diseluruh dunia, setiap tahun diperkirakan sekitar 40-60 juta ibu yang tidak menginginkan kehamilannya melakukan abortus. Setiap tahun, sekitar 500 ribu ibu mengalami kematian disebabkan oleh kehamilan dan persalinan. Sekitar 30-50% diantaranya meninggal akibat komplikasi abortus. Yang lebih memprihatinkan lagi, sekitar 90% dari kematian tersebut terjadi di Negara berkembang termasuk Indonesia. Di seluruh dunia, setiap tahun terjadi sekitar 40-70 kasus abortus per 1000 wanita usia reproduksi.

Penelitian dilaksanakan dengan rancangan diskriptif. Sampel penelitian sebesar 53 responden, yang diperoleh dengan menggunakan total populasi sampling. Pengumpulan data yang diperoleh yaitu data sekunder diambil dari buku register di RSUD X.

Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa 52,9% ibu hamil mengalami abortus inkomplit dan responden terbanyak pada umur kehamilan < 16 minggu sebesar 84,9%. Dilihat dari faktor usia ibu 71,7% usia 20-35 tahun, dilihat dari faktor usia ayah 54,7% usia > 35 tahun, dan dilihat dari faktor pekerjaan ibu 41,5% IRT (Ibu Rumah Tangga). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagian besar ibu hamil yang mengalami abortus di RSUD X adalah abortus incomplit dilihat dari faktor usia ibu pada usia 20-35 tahun, faktor pada usia ayah usia > 35 tahun, faktor pekerjaan ibu yaitu IRT (Ibu Rumah Tangga).  Disarankan kepada ibu-ibu hamil untuk sesering mungkin melakukan pemeriksaan kehamilannya (ANC) kepada petugas kesehatan, agar penyulit-penyulit yang mungkin dijumpai dalam kehamilan dapat dikenali dan ditangani secara dini.

Kode File : K185

File Skripsi ini terdiri atas :

-         Bab 1 – 5 (pendahuluan – penutup) lengkap

-         Daftar pustaka

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 40.000,-

8 komentar:

  1. tolong dong saya ingin file ini secepatnya...... apa yang harus aya lakukan

    BalasHapus
  2. how can i get this file?..

    BalasHapus
  3. saya sangat membutuhkan file lengkap skripsi di atas, bagaimana caranya??

    BalasHapus
  4. saya sangat membutuhkan file k185 atau skripsi diTs yang lengkap mohon dibantu ya... makasih..

    BalasHapus
  5. saya sangat membutuhkan file ini sekarang. gmn caranya?tolong dunk, secepatnya

    BalasHapus
  6. mia mw donk data ne...............
    gmn cara mendapatkan nya???????????

    BalasHapus
  7. gmn caranya???
    blz yach secepatnya

    BalasHapus

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)