Kamis, 17 September 2009

Gambaran Faktor Internal yang Mempengaruhi Ibu untuk Memilih Bersalin ke Dukun

Berdasarkan SDKI 2002-2003, Indonesia masih menempati rangking yang tinggi diantara negara-negara ASEAN lainnya yaitu 307 kematian ibu hamil dan ibu melahirkan per 100.000 kelahiran hidup. Salah satu penyebab tingginya AKI di Indonesia adalah karena pertolongan persalinan oleh dukun yang masih menjadi pilihan sebagian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari studi pendahuluan pada cakupan pertolongan persalinan oleh tenaga kesehaan Desa XX, yang hanya mencapai 52,75% dari target tahun 2006. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran faktor internal yang mempengaruhi ibu dalam memilih penolong persalinan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 18 orang dan pengambilan sampel dengan menggunakan rancangan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Adapun variabel yang diteliti adalah faktor pengetahuan dan faktor pengalaman sebagai faktor internal yang mempengaruhi ibu untuk memilih bersalin ke dukun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan responden terhadap pertolongan persalinan yang aman, yaitu sebanyak 78% memiliki pengetahuan dengan kriteria Baik. Sedangkan pada tingkat pengalaman, sebagian besar responden (67%) memiliki pengalaman dengan kriteria negatif, yang diartikan sebagai tidak/kurang berpengalaman. Kesimpulan penelitian ini adalah meskipun tingkat pengetahuan ibu berada pada kriteria baik, ternyata persalinan ke dukun masih menjadi pilihan beberapa ibu di Desa XX. Sedangkan pada faktor pengalaman, mayoritas responden memiliki pengalaman yang terbatas (kriteria negatif) disebabkan oleh keengganan ibu untuk melakukan kontak dengan petugas kesehatan. Saran yang dapat diberikan setelah mengetahui hasil penelitian ini yaitu, diharapkan Ibu dapat memilih penolong persalinan yang tepat dan aman bagi dirinya, peningkatan penyuluhan dan mutu pelayanan kesehatan terutama tentang KIA, serta implementasi kemitraan antara Bidan desa – dukun secara intensif.

Kode File : K186

File Skripsi ini terdiri atas :

-         Halaman depan (abstraks, daftar isi, dll)

-         Bab 1 – 5 (pendahuluan – penutup) lengkap

-         Daftar pustaka

-         Kuesioner + lampiran2

Bentuk file : Ms.word

Donasi : Rp. 100.000,-

1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)