Sabtu, 24 Maret 2012

Hubungan Antara Pengetahuan Perawat Dan Pelaksanaan Perawatan Luka Episiotomi Pada Persalinan Normal Di Ruang Obstetri RSUD XX


Tindakan episiotomi saat ini masih tinggi dikarenakan berbagai macam indikasi dalam proses persalinan normal di Ruang Obstetri RSUD XX dari jumlah persalinan normal, rata-rata 35-36 pasien. Untuk mencegah terjadinya infeksi perawat/bidan dituntut untuk melakukan perawatan luka episiotomi yang standar sesuai dengan protap yang ada di rumah sakit. Dengan demikian perawat juga harus memiliki pengetahuan yang adequat dan spesifik tentang perawatan luka episiotomi dan perawat harus mampu untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi yang sebenarnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan perawat dan pelaksanaan perawatan luka episiotomi pada persalinan normal. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif studi korelasi, sampel diambil dari perawat/bidan di ruang Obstetri RSUD XX. Besar sampel 30 responden dengan menggunakan total sampling sesuai kriteria inklusi.

Data dianalisa dan disimpulkan dengan menggunakan Uji Statistik Sperman dengan P < 0,05. Hasil analisa menunjukkan p = 0,002 dengan tingkat corelasi r = 0,535 yang berarti mempunyai hubungan yang agak rendah. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan perawat dan pelaksanaan perawatan luka episiotomi pada persalinan normal.

 

 

 

 

Kode file : K024

File skripsi ini meliputi :

-          Bagian depan (daftar isi, dll)

-          Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)

-          Daftar pustaka

-          Lampiran 2 (kuesioner, dll)

 

Bentuk file : Ms.Word

Charge (Biaya) : Rp. 100.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)