Selasa, 13 Maret 2012

Hubungan pola makan dengan lingkar pinggang sebagai faktor resiko diabetes mellitus tipe 2 siswa kelas 10 di SMU XX


Obesitas sentral dan Diabetes Mellitus merupakan penyebab utama meningkatnya angka kesakitan dan angka kematian pada usia muda di seluruh dunia. Menurut WHO prevalensi DM diperkirakan akan meningkat dari 8,4 juta tahun 2000 menjadi 21,2 juta lebih pada tahun 2030, sehingga target pencegahan DM diperkirakan berusia remaja (15-20 tahun). Pola makan salah satu faktor resiko yang dapat diubah, sedangkan obesitas sentral meningkatkan resiko penyakit jantung dan metabolik, maka penelitian ini dilakukan untuk mencari hubungan pola makan dengan lingkar pinggang sebagai faktor resiko diabetes mellitus tipe 2.
Metode dalam penelitian ini menggunakan desain analitik deskriptif dengan populasi siswa kelas 10 SMA XX dengan sampel sebanyak 86 diambil dengan tehnik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan metode form foodrecall, diolah menggunakan Nutrisurvey, dilanjutkan dengan analisa deskriptif menggunakan tabel distribusi frekwensi.
Hasil pengolahan data menunjukkan (81%) responden mencukupi dari jumlah makan , tetapi menurut jenis (konsumsi lemak lebih 71%, konsumsi protein lebih 80%) dan jadwal makan (52 orang) termasuk tidak baik. Sesuai angka dan persentase yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa pola makan siswa tidak baik. Uji hubungan antara pola makan dan lingkar pinggang menggunakan menggunakan correlations Spearmans rho, pada nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.01 lebih kecil dari pada 0.05, maka dapat dikatakan pola makan dan lingkar pinggang berhubungan kuat.
Kesimpulannya ada hubungan antara pola makan dengan lingkar pinggang siswa kelas 10 di SMU XX. Saran bagi pihak sekolah untuk mengundang ahli gizi untuk mengadakan penyuluhan dan konsultasi gizi kepada remaja tentang perilaku makan yang sehat yang sesuai dengan  Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), saran bagi peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian intervensi terhadap pola makan hubungannya dengan lingkar pinggang sebagai faktor resiko diabetes mellitus tipe 2.




Kode file : K108
File skripsi ini meliputi :
-    Bagian depan (daftar isi, dll)
-    Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
-    Daftar pustaka
-    Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 150.000,-


1 komentar:

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)