Minggu, 20 Desember 2020

Perbedaan Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di SMP XX dan YY

 

Masa SMP adalah masa dimana seorang anak mulai mengalami masa transisi dari anak-anak menjadi remaja dimana rasa ingin tahu dan ingin beda dari anak menjadikan semangat anak sangat tinggi. PHBS di sekolah sangat perlu karena anak usia sekolah merupakan kelompok umur yang rawan terhadap masalah kesehatan sekolah. SMP XX merupakan salah satu lembaga pendidikan dari pesantren Al-Rifa’ei yang semua siswanya tinggal di pesantren. MTs YY siswanya tinggal di lingkungan keluarga masing-masing. Penerapan PHBS pada kedua sekolah ini diindikasikan terdapat perbedaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di SMP XX dan MTs YY. Desain penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu semua murid kelas 2 SMP yang bersekolah di SMP XX dan yang bersekolah di MTs YY. Teknik sampling secara purposive sampling yaitu 70 siswa.. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi terhadap siswa kedua sekolah yang memenuhi kriteria inklusi, dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2011.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku PHBS siswa SMP XX adalah sangat sehat (48,6%), sedangkan pada siswa MTs YY adalah cukup sehat (42,9%). Dengan bantuan uji statistik  U-Mann-Whiney Test perbedaan keduanya dapat dibaca bahwa r = 0,033 adalah kurang dari a = 0,05. 

 

Kode file : K359
File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (Daftar isi, dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 200.000,-

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)