Minggu, 20 Desember 2020

Hubungan kebersihan alat kelamin menggunakan sabun terhadap kejadian keputihan pada siswi kelas XI

 

Kebersihan alat kelamin menggunakan sabun merupakan dominan penting untuk menentukan tindakan dalam upaya pemeliharaan kesehatan. Pemakaian sabun  yang terlalu sering dapat mengakibatkan terjadinya keputihan patologis yang disebabkan karena infeksi oleh jamur, parasit, bakteri dan virus. Dari uraian tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian antara vulva hygiene menggunakan sabun terhadap kejadian keputihan.

 Desain yang digunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional populasi 126 responden dan sampel 126 responden. Pengambilan sampel dengan cara toal sampling. Pengumpulan data primer dilakukan pada bulan Juni dengan menggunakan kuesioner yang berbentuk check list. Setelah data terkumpul ditabulasi dan dianalisa menggunakan uji statistik chi square. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara vulva hygiene menggunakan sabun terhadap kejadian keputihan.

 Hasil penelitian di dapatkan bahwa mayoritas siswi kelas XI dengan pemakaian sabun khusus daerah kewanitaan mengalami keputihan patologis (65,8%) sedangkan pemakaian sabun mandi mengalami keputihan patologis (45,5%). Berdasarkan uji statistik chi square didapatkan hasil x2 hitung (4,92) > x2 tabel (3,841) dimana taraf signifikan 0,05 dan dk = 1 sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara vulva hygiene menggunakan sabun terhadap kejadian keputihan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa membersihkan alat kelamin menggunakan sabun yang terlalu sering bisa menyebabkan keputihan patologis. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan informasi bagi siswi putri tentang cara membersihkan daerah kewanitaan tanpa menggunakan sabun. 

 

Kode file : K360
File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (Daftar isi, dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 150.000,-

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)