Minggu, 20 Desember 2020

Hubungan antara pengetahuan tentang suami siaga dengan sikap dalam pendampingan istri saat melahirkan di Wilayah Kerja Puskesmas XX

 

Peran suami siaga selama masa kehamilan sangatlah penting dimana ia bertugas memberikan perhatian penuh kepada masalah kehamilan, persalinan hingga masa nifas. Masa ini adalah saat perjuangan hidup dan mati istri bagi keluarganya. Suami harus banyak memberikan perhatian, dorongan, serta motivasi kepada istrinya menghadapi masa sulit ini. Pada umumnya suami sudah banyak yang memahami tentang suami siaga, namun pada kenyataannya mereka tidak sepenuhnya menjalankan apa yang telah diketahuinya, terutama dalam hal mendampingi istri yang sedang melahirkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang suami siaga dengan sikap dalam pendampingan istri saat melahirkan.

Penelitian menggunakan desain penelitian korelasi yang bersifat analitik cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 95 responden yang ditentukan secara Proportional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pengetahuan suami tentang Suami Siaga dan sikap suami terhadap Pendampingan istri saat melahirkan. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan uji statistik Chi Kuadrat pada tingkat kesalahan 5% (α = 0,05).

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (38,9%) mempunyai pengetahuan yang kurang baik tentang Suami Siaga dan lebih dari separuh responden (50,5%) memiliki sikap tidak baik dalam pendampingan istri saat melahirkan. Hasil uji Chi Kuadrat didapatkan nilai X2 = 67,130 dengan signifikasi P=0,000. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang Suami Siaga dengan sikap dalam pendampingan istri saat melahirkan. Peneliti menyarankan agar Petugas Puskesmas dan Bidan di Desa menyusun materi penyuluhan yang ditekankan pada aspek tanggung jawab sebagai suami siaga, serta mewaspadai keterlambatan penanganan masalah kehamilan dan persalinan.

Kode file : K357
File skripsi ini meliputi :
- Bagian depan (Daftar isi, dll)
- Bab 1 – 5 lengkap (pendahuluan s/d penutup)
- Daftar pustaka
- Lampiran 2 (kuesioner, dll)

Bentuk file : Ms.Word
Charge (Biaya) : Rp. 200.000,-

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan order/tinggalkan pesan dan email, kami akan kirimkan email file pesanan anda (SMS ke 086755605984)